Saturday, February 2, 2013

Humus Farming Menjadi Pertanian Organik


Setelah awalnya bernama humus farming, Istilah humus farming kemudian mulai hilang dan tergantikan dengan istilah pertanian organik sekitar tahun 1940 an. Pada saat itu, istilah pertanian organik mulai lebih popular daripada humus farming. Berdasarkan salah satu sumber, istilah “organik” yang digunakan untuk merujuk suatu sistem pertanian  berada dalam buku yang berjudul Look to the Land yang ditulis oleh Lord Northbourne dan dipublikasikan pada tahun 1940. Northbourne menggunakan istilah organik untuk lebih mencirikan metode yang digunakan dalam humus farming. Istilah organik lebih digunakan karena dapat mengeneralisir aliran nutrisi dan energi di dalam proses-proses biologi yang terjadi di dalam tubuh makhluk hidup.
Kata atau istilah organik diharapkan mampu menggambarkan proses dan fungsi-fungsi yang bekerja pada makhluk hidup yang menjadi ujung tombak system pertanian yang tidak menggunkan bahan kimia untuk melakukan pemupukan dan mengikuti anjuran pemupukan yang dikeluarkan pemerintah terkait pemupukan tanaman yang terkadang malah menyesatkan.

sumber:
Kuepper, George. 2010. A Brief of The History and Philosophy of Organic Agriculture. Kerr Center for Sustainable Agriculture

No comments:

Post a Comment