Saturday, February 2, 2013

Peran Tumbuhan-Tanaman bagi Manusia


Secara sederhana, pertanian adalah usaha manusia dalam memodifikasi lingkungan tempat tumbuh tanaman agar tanaman dapat memberikan hasil panen yang optimal bagi keperluan manusia. Dengan usaha-usaha yang dilakukan manusia terhadap tanaman, pastinya tanaamn memiliki peran yang vital bagi manusia, baik untuk pemenuhan kebutuhan primer, sampai dengan kebutuhan akan barang-barang yang bernilai sosial dan ekonomi tinggi. Berikut adalah peran tumbuhan ataupun tanaman terhadap manusia.
                  1.       Sumber pangan
Makanan merupakan kebutuhan mendasar agar manusia dapat tetap menjalankan aktivitasnya dengan normal. Tanpa makanan manusia dan bahkan makhluk hidup lain tidak akan mampu melakukan aktivitasnya karena makanan merupakan sumber energi utama bagi manusia untuk tetap melakukan aktivitas. Makanan juga sangat berperan dalam kesehatan manusia karena dalam makanan terkandung beraneka macam zat yang memiliki fungsi tertentu bagi tubuh, baik itu sumber energi, sebagai zat pembangun tubuh, ataupun sebagai zat pengatur pertumbuhan tubuh manusia.
Selama ini, tumbuhan bersama dengan hemwan menjadi penyumbang sumber makanan terbesar bagi manusia. Belum ada sumber lain yang digunakan secara massif untu memenuhi kebutuhan paling mendasar bagi manusia tersebut. Serealia dan umbi-umbian untuk pemenuhan kebutuhan energi manusia, kacang-kacangan untuk memenuhi kebutuhan zat pembangun tubuh manusia, sayuran dan buah untuk memenuhi kebutuhan zat pengatur tubuh manusia, dan masih banyak lagi.

2.       Sandang
Sandang merupakan kebutuhan mendasar yang lein setelah makanan. Tidak ada satu pun bangsa di dunia yang masyarakatnya tidak mengenakan pakaian, untuk masyarakat primitif sekalipun. Paling tidak masih ada sesuatu yang digunakakan untuk menutupi bagian tubuh yang dianggap vital. Beberapa tumbuhan dan kulit hewan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan ini. Kenaf dan serat batang rosella merupakan yang pertama diolah dan digunakan untuk keperluan membuat karung goni yang bagi sebagian masyarakat masih digunakan sebagai pakaian.
Tidak seperti kebutuhan makan yang tidak bisa digantikan oleh selain tumbuhan dan hewan, kebutuhan akan pakaian dapat digantikan oleh benang-benang sintetis. Penemuan benang-benang dari bahan selain tumbuhan dan hewan telah mengurangi penggunaan rosella, kenaf, dan kapas untuk digunakan sebagai bahan pakaian. Akan tetapi, karena kualitas kain yang berasal dari kapas jauh lebih baik, maka pakaian dengan bahan baku kapas sampai saat ini masih banyak diminati.      
                  3.       Papan
Semenjak manusia masih berpindah-pindah, manusia sebenarnya telah mengenal tempat tinggal sebagai tempat untuk berlindung ketika terjadi ancaman cuaca yang buruk ataupun karena adanya binatang-binatang yang buas. Manusia pada saat itu, menggunakan gua-gua sebagai tempat tinggal atau paling tidak sebagai tempat berteduh ketika situasi tidak terlalu menguntungkan.
Sejalan dengan perkembangan peradaban, terjadi perkembangan dalam kehidupan sosial menusia sehingga manusia juga semakin membutuhkan sosialisasi dengan masyarakat yang lainnya. Dengan membangun rumah-rumah yang tetap, manusia dapat berinteraksi dengan sesamanya lebih intens dan lebih intim. Kayu yang berasal dari tumbuhan merupakan bahan yang paling mudah didapatkan sehingga beberapa waktu yang lalu, hampir semua rumah yang ada di Indonesia terbuat dari bahan baku kayu.
Dengan diperkenalkannya semen, beton, dan kerangka-kerangka rumah dari almunium, penggunaan kayu sebagai bahan utma pembuatan rumah menjadi sedikit lebih berkurang. Akan tetapi, sampai saat ini, hampir semua rumah tidak adkan pernah terlepas dari yang namanya kayu. Perabotan dapur, meja, kursi, almari, dan masih banyak lagi furniture rumah yang berasal dari bahan kayu.  
                  4.       Kosmetik dan obat-obatan
Dengan banyaknya kandungan mineral dan vitamin yang berada dalam buah-buahan, buah-buahan merupakan bahan alami yang dapat menjaga kesehatan dan kesegaran kulit. Bengkoang dan mentimun diperca ya dan sudah dibuktikan mampu membuat kulit wajah menjadi semakin putih, sementara lemon dapat mengurangi minyak di wajah. Selain itu, beberapa buah jika dimakan juga mampu meningkatkan elastisitas wajah karena memberikan kolagen pada kulit.
Seperti halnya untuk bahan-bahan kosmetik, tanaman dewasa ini menjadi obat ataupun jamu-jamu untuk berbagai macam penyakit. Adanya obat-obatan dengan bahan kimia selama ini dapat menjadi pelengkap obat-obatan dari bahan-bahan alami (tumbuhan). Akan tetapi, obat-obatan tradisional (jamu) yang selama ini dikenal luas masyarakat memiliki khasiat yang banyak, hampir semuanya berasal dari tanaman-tanaman obat.
5.       Bahan baku industry
Lateks dari tanaman karet, pulp dari kulit kayu beberapa tumbuhan, dan CPO yang dihasilkan dari tanaman kelapa sawit merupakan sedikit contoh betapa sebenarnya tanaman-tanaman dapat dikembangkan menjadi industry dalam skala yang luas. Selama ini, industri dengan bahan baku tumbuhan telah mampu menghidupi berjuta-juta manusia yang tinggal di dunia di berbagai belahan dunia.
                  6.       Biodiesel dan bioetanol
Kelangkaan akan bahan bakar fosil baru-baru ini memacu para ilmuan untuk menciptakan atau mencari alternative lain tentang kemungkinan adanya bahan bakar lain yang mungkin lebih ramah terhadap lingkungan dan juga dapat diperbaharui. Para peneliti akhirnya menemukan bahwa dari dalam tanaman terdapat minyak-minyak yang menyerupai bahan bakar pada energy fosil. Bahan tersebut biasa disebut dengan biodiesel dan boetanol. Jika biodiesel merupakan minyak yang terbentuk secara langsung oleh proses metabolisme dalam tumbuhan seperti pada minyak jarak, bioetanol adalah minyak yang terbentuk setelah karbohidrat (gula) yang dihasilkan pada proses fotosintesis mengalami beberapa macam pengolahan. Contoh bioetanol adalah minyak yang dihasilkan dari fermentasi jagung.
                  7.       Rekreasi
Taman yang indah di tengah-tengah kota mampu membuat siapa saja menjadi betah untuk berlama-lama di dalamnya. Taman-taman kota yang ada kebanyakan terdiri atas komponen tumbuh-tumbuhan yang diatur dan di rawat sedemikian rupa sehingga menciptakan kesan yang menyenangkan bagi siapa saja yang melihat. Selain itu, pada kebanyakan hutan lindung yang lingkungannya masih alami, tercipta suatu pemandangan yang sangat luar biasa yang dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks dan mengurangi jenuh yang ada.
                  8.       Daur hidrologi dan paru-paru dunia
Selama fotosintesis berlangsung di siang hari, tumbuhan senantiasa menghasilkan oksigen dan menyerap karbondioksida yang berada di udara. Akibatnya, udara di sekitar tumbuhan akan semakin bersih dan menciptakan suasana segar bagi yang berada di sekitarnya. Semakin banyak tumbuhan yang hidup dan melakukan fotosintesis, maka semakin banyak pula oksigen yang dihasilkan dan karbondioksida yang diserap.
Hutan yang banyak tanamannya merupakan penyimpan air yang baik. Ketika hujan turun, akar tanaman akan menyerap air dalam jumlah banyak sehingga air tidak langsung mengalir di permukaan tanah dan menghilang. Pada musim kemarau, air-air yang tersimpan akan dikeluarkan sehingga pada daerah di mana tumbuhan masih sangat banyak, sumber-sumber air tidak akan pernah kering.

No comments:

Post a Comment