Thursday, May 30, 2013

Cara Merangsang Pembungaan dan Pembuahan Tanaman Nanas

Umumnya, tanaman nanas baru bia berbunga dan berbuah setelah berumur 12-24 bulan. Unutk skala komersial yang luas, umur yang panjang pada tanaman nanas dinilai tidak terlalu menguntungkan. Oleh karena itu, pada skala usaha komersial, tanaman nanas dapat dirangsang pembungaannya agar dapat menghasilan buah setiap saat. Berikut adalah beberapa cara yang baiasa ditempuh untuk merangsang pembunggan tanaman nanas: 

1. Pengasapan 
Asap dapat menrangsang pembnggan nanas karena asap mengandung gas etilen. Pengasapan dilakukan pada kebun yang telah berumur 6 bulan atau tanaman nanas sudah berdaun 20-30 helai. Daun-daun kering atau seresah dikumpukan, kemudian di bakar di sekitar kebun nanas. Asap yang keluar dari pembakaran seresah kemudian diarahkan ke tanaman-tanaman nanas agar tanaman nanas terangsang pembungaannya. Untuk menjaga agar asap tetap di lahan, biasanya diguakan terpal untuk menutupi kebun nanas. 

2. Pemberian Kalsium Karbid 
Kalsium karbid yang bereaksi dengan air dapat menghasilkan gas etilen yang dapat merangsang pembunggan nanas. Pemberian kalsium karbid juga dilakukan pada nanas yang sudah berumur 6 bulan atau berdaun 20-30 helai. Kalsium karbid sebanyak 200 mg dimasukkan ke selah pucuk setiap tanaman nanas. Kalsium karbid kemudian diseiram dengan menggunakan air sebanyak seperempat liter per tanaman. 

3. Pemberian Ethrel 40 PGR 
Ethrel 40 PGR adalah hormon pembungaan yang di dalam sel tanaman dapat terurai menjadi etilen. Pemberian Ethrel 40 PGR dilakukan pada nanas yang sudah berumur 6 bulan atau berdaun 20-30 helai. Ethrel 40 PGR diaplikasikan dengan cara menyemprot bagian pucuk tanaman dengan konsentrasi 70-200 ppm. 

Tanaman yang diberi perlakuan untuk merangsang pembunggan pada umumnya dapat berbunga serempak antara 2-4 minggu setelah pemberian etilen. Keuntungan pemberian pengatur pembunggan adalah dapat meningkatkan ukuran buah dan berat buah sebanyak 20%, pembunggan dan pembuahan dapat berlangsung seragam, dan dapat mengurangi atau menekan perkembangan mahkota buah sehingga ukuran buah menjadi besar.

sumber:
Rukmana, Rahmat. 1996. Nanas Budidaya dan Pascapanen. Kanisius, Yogyakarta.

1 comment:

  1. Untuk tanaman kayu seperti sengon solomon jaguar, pupuk apa saja yang bisa di berikan untuk mencapai pertumbuhan yang maksimal?

    ReplyDelete