Wednesday, September 4, 2013

Kegunaan dan Cara Mengolah Sirih untuk Dijadikan Obat


Merupakan tanaman perdu merambat yang memiliki batang berkayu. Biasanya merambat pada batang-batang pohon sehingga banyak tumbuh di bawah tegakan pohon. Perbayakan tanaman dengan menggunakan stek batang. Perawatan tanaman cukup mudah yaitu cukup dengan disiram air secara teratur dan diberi sedikit pupuk dasar. 

Kegunaan dan Cara Menggunakan

a. Batuk: daun sirih 15 lembar ditambah 3 gelas air. Rebus hingga tiga per empat, minum dengan madu. 

b. Menghilangkan bau badan: daun sirih segar 5 lembar direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas, diminum siang hari.

c. Mimisan: daun agak muda diremuk, digulung untuk menyumbat hidung yang berdarah.

d. Mata gatal dan merah: daun muda dan segar 5-6 lembar, rebus dengan satu gelas air sampai mendidih. Setelah dingin digunkaan untuk mencuci mata dengan gelas cuci mata. Sehari 3 kali.

e. Menghentikan pendarahan gusi dan menghilangkan bau mulut: 4 lembar daun diremas, diseduh, an digunakan untuk kumur-kumur.

f. Sariawan: daun sirih segar 1-2 lembar, dibersihkan , kemudian dikunyah sampai lumat, ampasnya dibuang. 

g. Keputihan: daun 10 lembar direbus dengan 2,5 liter air. Tunggu sampai hangat kemudian digunakan untuk mencuci liang kemaluan.

h. Mengurangi produksi ASI yang berlebihan: beberapa lembar daun sirih diolesi minyak kelapa, hangatkan di atas api hingga layu dan ditempelkan di sekitar payudara.

No comments:

Post a Comment