Wednesday, October 2, 2013

Ayat Al Qur’an tentang Anggur

Sukakah seorang dari kamu mempunyai satu kebun dari kurma dan anggur, yang mengalir padanya sungai-sungai, yang di situ ada baginya segala macam buah-buahan, lalu ia tua dan mempunyai anak cucu yang lemah, lantas kebun itu terkena angina beserta api, lalu terbakar? Begitulah Allah menerangkan bagi kamu petunjuk-petunjuk-Nya supaya kamu berpikir (Al-Baqarah: 266)

Dan Dia-lah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau . Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak; dan dari mayang kurma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur dan kami keluarkan pula zaitun dan delima yang serupa . Perhatikanlah buahnya ketika pohonnya berbuah dan perhatikan pula kematangannya. Sesungguhnya yang demikian itu ada tanda-tanda bagi orang yang beriman (Al-An’am: 99)

Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan , kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman,pohon kurma yang bercabang dan tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebagian tanam-tanaman itu atas sebagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi kaum yang berpikir (Ar-Rad:4)

Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman : zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan (An-Nahl: 11)

Dan dari buah kurma dan anggur, kamu jadikan dai perahannya minuman yang memabukkan dan rezeki yang baik. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda bagi kaum yang memikirkan (An-Nahl:67)

Atau engkau mempunyai kebun dari kurma dan anggur , lalu egkau mengalirkan sungai-sungai di celah-celahnya dengan terpancar (Al-Isra:91)

Dan berikanlah kepada mereka sebuah perumpamaan dua orang laki-laki. Kami jadikan bagi seoarang diantara keduanya (yang kafir) dua buha kebun anggur dan Kami kelilingi kedua kebun itu dengan pohon-pohon kurma dan diantara kebun itu Kami Buatkan ladang (Al-Kahfi:32)

Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur,di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebagian dari buah-buahan itu kamu makan. (Al Mu’minuun:19)

Dan Kami jadikan padanya beberapa kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan mata air-mata air yang mengalir (Yasin:34)

Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa akan mendapatkan kesenangan-kesenangan. Kebun-kebun dan anggur (An Naba (31-32)

Dan anggur dan sayuran (Abasa:28)

Sunardi. 2008. Nabi saja SUka Buah. Aqwamedika, Surakarta

No comments:

Post a Comment