Monday, October 28, 2013

Jenis Palem Unik dan Istimewa

Palem termasuk salah satu jenis tanaman hias yang mulai banyak digunakan untuk memperindah ruangan dan taman. Hal ini karena palem dapat ditanam baik di luar ataupun di dalam ruangan. Berbagai julukan ditujukan kepada tanaman yang gagah dan anggun ini. Orang Belanda mengatakan palem “Ratu Tanaman hutan”, beberapa menyebutnya “Raja Berbagai Tanaman”, dan Linnaeus menebutnya “Kaum Ningrat Kerajaan Tanaman”. Terdapat dua ribu jenis tanaman palem yang ada di dunia dan 40 % nya berasal dari Indonesia. Diantara banyaknya jenis palem, ada tiga jenis palem yang disebut sebagai jenis yang unik dan istimewa

1. Palem kuning (Chrysalidocarpus lutescens)
Disebut palem kuning karena tulang daun berarna kuning keemasan. Daun-daunnya bersirip seperti daun kelapa, sangat indah dan warnanya kuning kehijauan. Palem kuning tumbuh berumpun dan dapat tumbuh hingga ketinggian 8m. palem kuning berasal dari Madagaskar dan dapat umbuh di dataran rendah ataupun dataran tinggi hingga ketinggian 1000 mdpl.







2. Palem segitiga hijau (Neodypsis decarcy)
Disebut palem segitiga hijau karena memiliki batang yang berbentuk segitiga dan berwarna hijau. Daun berwarna hijau agak kelabu dengan ujung yang sedikit menggantung. Secara sepintas, bentuk tajuk dan daun palem segitiga hijau mirip dengan kelapa yang baru ditanam. Palem segitiga hijua menjadi tidak menarik ketika berumur lebih dari 6 tahun karena memiliki batang yang besar dan tidak berbentuk segitiga lagi. Karena hal tersebut, pale mini biasanya ditanam di dalam pot agar tetap kecil dan tetap berbentuk segitiga. 




3. Palem merah (Crytostachys lakka)
Daya tarik tanaman palem merah adalah pelepah serta tulang daun yang berwarna merah. Palem merah banyak dijumpai di hutan Kalimantan dan Sumatra dan dapat mencapai ketinggian hingga 10 m. Palem merah dapat diperbanyak dengan menggunakan biji atau juga dengan memisahkan anakan dari rumpun induknya. Karen memiliki pelepah dan tulang daun yang berwarna merah, palem merah sering dijuluki lipstick palm. Tahun 60 sampai 80 an, palem merah banyak menghiasi rumah mewah dan dijadikan sebagai symbol gengsi karena memiliki harga yang mehal. Pelem merah masih menjadi primadona penghias taman sebagai elemen dominan dan artistik.

Selain ketiga jenis palem diatas, terdapat beberapa jenis palem lain yang unik dan sedang tren, seperti palem kenari daun kuning, palem moleri, palem botol, palem kunta, palem ravanea rivilaris, palem normambya, palem kenari silver, palem sinensis, palem sinensis, palem pakis, palem jenggot, palem kipas, palem payung silver, dan palem ratu.

Seksi Ketahanan Pangan Sudin Pertanian dan Kehutanan Kota Administrasi Jakarta Barat.

No comments:

Post a Comment