Wednesday, December 25, 2013

Tanaman Mimba sebagai Bahan Pestisida Nabati

Pengunaan pestisida kimia pada saat ini sudah sampai taraf yang menghawatirkan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa akumulasi pestisida yang ikut terbawa organ tanaman yang dipanen dapat menyebabkan berbagai penyakit pada manusia. Selain itu, penggunaan pestisida kimia yang berlebihan juga mengganggu keseimbangan ekosistem alami pertanian. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan pestisida nabati untuk menggantikan penggunaan pestisida kimia. Salah satu bahan yang digunakan untuk pembuatan pestisida nabati adalah tanaman mimba (Azachdirachta indica).

Mimba merupakan tanaman pohon dengan ketinggian 10-15 m, batang berkayu tagak, berbentuk bulat, percabangan simpodial dan berwarna coklat. Daun majemuk, letal berhadapan, berbentuk lonjong, tepi bergerigi, ujung lancip, pangkal meruncing, pertulangan menyirip, panjang 6-7 cm dengan lebar 3-4 cm dan tangkai daun berukuran 8-20 cm. Bunga majemuk berkelamin ganda, letal diujung cabang, tangkai silindris panjang 8-15 cm. kelopak bunga berwarna ungu, mahkota halus dan berwarna putih. Buah bulat telur dan berwarna hijau, biji bulat berdiameter 1 cm berwarna putih.

Tanaman mimba mengandung azadirachtin, meliantriol salanin, nimbin, dan lain sebagainya. Ekstrak mimba mampu mengendalikan 127 jenis hama dan mampu berperan sebagai fungisida, bakterisida, antivirus, nematisida, dan muluscisida.

Pembuatan Pestisida Secara Sederhana
1. Ekstrak daun: 100gram daun mimba dicampur dengan 0,5 liter air, diblender kemudian disaring mengunakan kain kasa , larutan siap diaplikasikan.

2. Ekstrak biji: biji ditumbuk kemudian dibungkus dengan kain, direndam dalam air dengan perbandingan 35 gr/liter air selama 12-24 jam. Larutan siap diapikasikan.

3. Biji dan daun: biji dan daun mimba sejumlah 1 kg ditumbuk kemudian direbus dengan 15 liter air. Didinginkan selama 12 jam, larutan siap digunakan.

4. Dengan campuran bahan lain
- Bahan yang digunakan: mimba 12 kg, laos 8 kg, sere 8 kg.

- Cara membuat: ketiga bahan dirajang kemudia ditumbuk, dilakukan fermentasi dengan perendaman air ditambah alcohol 1% selama 2 malam. Larutan disaring dan siap digunakan.

- Cara mengunakan: larutan 200cc dicampur dengan 10 liter air, larutan dimasukkan ke dalam tangki semprot kemudian disemprotkan ke hama sasaran.

Beberapa OPT yang dapat dikendalikan oleh pestisida nabati dari mimba yang sudah dicampu dengan bahan lain adalah Nematoda puru akar, Meloidogyne sp, Helicoverpa armigera, ulat tanah, Spodoptera, Fusarium oxysporium, Colletotricum, Hemileia vastatrix. 

Balai Proteksi Tanaman Perkebunan Salatiga

1 comment:

  1. menarik ya, cukup memotivasi.

    berkunjung kesini juga ya


    http://bantalsilikon01.blogspot.com
    http://kursusinternetmarketingmurah.blogspot.com
    http://www.facebook.com/bantalsilikongrosir
    http://bumbupecelbali.blogspot.com
    http://www.pembicarainternetmarketing.com
    http://undanganstore1.blogspot.com/

    call center 085-635-945-40

    ReplyDelete