Saturday, December 21, 2013

Varietas Anyelir dari Indonesia

1. Anyelir Alifia
Anyeir alifia bertipe bunga ganda dengan 2 warna dan tekstur yang aak rata. Batang kokoh dan tidak bertunas lateral pada pertumbuhan apikal dominan aktif. Daun berbentuk meruncing berlapis lilin yang tebal dan tersusun secara saling berhadapan.

Produksi bunga anyelir verietas alifia mencapai 10-15 tangkai per batang per tahun dengan ketahanan kesegaran bnga yang lama. Ukuran bunga besar, berumur genjah, dan agak tahan terhadap serangan penyakit layu fusarium. Perbanyakan tanaman dilakukan dengan menggunakan stek dan pertubuhan akarnya cepat. Anyelir varietas alifia dapat dibudiayakan pada daerah tropis dengan ketinggian 700-1500 m di atas permukaan laut. Kehadiran varietas ini dapat menjadi alternative bagi petani bunga potong dan sangat potensial untuk dikembangkan secara besar-besaran oleh agro industri hortikulutra nasional.

2. Anyelir Sitari
Anyelir sitari bertipe bunga standar, berbunga ganda dan memiliki 2 warna. Varietas sitari memiliki batang kokoh tetapi tidak memiliki cabang lateral pada tanaman yang dominan pertumbuhan apikalnya. Daun berbentuk meruncing berlapis lilin yang tebal dan tersusun secara saling berhadapan.

Produksi bunga anyelir verietas sitari mencapai 10-15 tangkai per batang per tahun dengan ketahanan kesegaran bnga yang lama. Ukuran bunga besar, berumur genjah, dan agak tahan terhadap serangan penyakit layu fusarium. Perbanyakan tanaman dilakukan dengan menggunakan stek dan pertubuhan akarnya cepat. Anyelir varietas alifia dapat dibudiayakan pada daerah tropis dengan ketinggian 700-1500 m di atas permukaan laut. Kehadiran varietas ini dapat menjadi alternative bagi petani bunga potong dan sangat potensial untuk dikembangkan secara besar-besaran oleh agro industri hortikulutra nasional.

sumber: Balai Penelitian Tanaman Hias Indonesia

No comments:

Post a Comment