Saturday, December 21, 2013

Varietas Gladiol dari Indonesia

1. Gladiol Varietas Riska
Gladiol Riska mempunyai susunan bunga yang simetris. Mahkota bunga atas berwarna ungu bergaris putih dengan tepi berwarna orange. Mahkota bagian bawah berwarna kning kehijauan dengan tepi berwarna oranye. Panjang tangkai 129 cm dengan ukuran bunga yang besar.

Produksi bunga mencapai 14 kuntum per tangkai. Umur berunga 45 hari dan umur panen 70 hari. Lama kesegaran bunga mencapai 15 hari dan tahan terhadap penyakit layu fusarium. Beradaptasi bak pada ketinggian 600-1400 mdpl. Kehadiran varietas ini dapat menjadi alternative bagi petani bunga potong dan sangat potensial untuk dikembangkan secara besar-besaran oleh agro industri hortikulutra nasional.

2. Gladiol Varietas Annisa
Annisa memiliki susunan bunga simetris. Mahkota bunga bagian atas berwarna oranye beergaris putih dan bertepi oranye juga. Pada bagian bawah mahkota berwarna kunign kehijauan dengan tepi orange. Bunga mekar saling bersentuhan dengan tipe bunga dekoratif dan tangkai bunga panjang dengan ukuran bunga yang besar. 

Jumlah bunga 13 kuntum per tangkai. Umur berunga 45 hari dan umur panen 70 hari. Lama kesegaran bunga mencapai 15 hari dan tahan terhadap penyakit layu fusarium. Beradaptasi bak pada ketinggian 600-1400 mdpl. Keunikan warna dan ukuran bunga serta umur yang genjah menjadi daya tarik sendiri untuk dikembangkan dan dibudiaakan secara besar-besaran agro industri hortikultura nasional.

Sumber: Balai Penelitian Tanaman Hias Indonesia

No comments:

Post a Comment