Thursday, December 5, 2013

Varietas Krisan Indonesia

1. Krisan Varietas Puspita Nusantara
Merupakan kultivar hasil program hibridisasi di Balithi sejak tahun 2000 selanjutnya dilakukan uji adaptasi pada tahun 2001 dan uji preferensi konsumen pda tahun 2002. Varietas ini dilepas sebagai varietas baru pada tahun 2003. Pada tahun 2004 hingga tahun 2005, varietas Puspita Nusantara diuji preferensi oleh PT. AIBN. Hasilnya menunjukkan bahwa varietas ini diminati konsumen. 

Selain warna petal yang berwarna kuning dan lembut, varietas Puspita Nusantara juga berkarakter berbunga cepat (respon time pendek) dan imun terhadap penyakit karat (Puccinia horiana Henn.) serta toleran teradap serangan CSVd (Chrysanthemum Stunt Viroid) yang umum dijumpai pada pertanaman krisan di Indonesia.

Varietas Puspita Nusantara memiliki umur 104-109 hari, tinggi tanaman 84 cm, diameter bunga pita 5,8 cm, diameter bunga tabung 1,6 cm, warna bunga pita kuning, warna bunga tabung kuning hijau, berbentuk bunga tunggal spray, diameter batang 0,6 cm, inisiasi bunga 33 hari setelah penyinaran buatan dihentikan.

2. Krisan Varietas Swarna Kencana
Krisan Swarna Kencana merupakan bunga potong tipe spray berpetal ganda dengan vase life yang lama. Tinggi tanaman 122 cm, petal bunga berwarna kuning orange kuat dan warna bunga tabung kontras hijau cerah. Berbatang kokoh dengan susunan daun berseling, berakar serabut, inisiasi perakaran stek cepat dengan respon bunga time 65-67 hari setelah penyinaran buatan dihentikan.

Keunggulan varietas ini adalah jumlah bunga yang banyak, pembungaan yang serentak, mudah diperbanyak dengan stek cepat, tahan terhadap karat Puccina horiana, beradaptasi baik pada 700-1200 mdpl. Respon time, perakaran stek pendek, umur panen yang cepat sehingga prospektif dikembangkan secara komersial khususnya untuk industry benih bunga potong.

3. Krisan Varietas Tirta Ayuni
Merupakan varietas bugan potong bertipe spray, petal bunga ganda dengan vase life yang panjang. Berbatang kokoh, susunan daun berseling, dan berakar serabut. Insiasi perkaran cepat dengan respon time berbunga 65-67 hari setelah lampu penyinaran tambahan dimatikan. Keunggulan varietas Tirta Ayuni adalah jumlah kuntum bunga yang banyak, seragam dalam pebungaan, sangat cocok dipadukan dengan warna bunga lain dalam suatu rangkaian bunga, dan beradaptasi baik pada ketinggian 700-1200 mdpl. Respon time, perakaran stek, dan umur produksi yang pendek menjadi daya tarik secara komersial. Varietas ini prospektif dikembangkan secara masal oleh agro industry bunga nasional. 

4. Krisan Varietas Wastu Kaniya
Merupakan bunga potong tipe spray berbentuk dekoratif. Petal bunga berwarna putih bersih, berbatang kokoh dengan susuna daun berseling, berakar serabut, dan memiliki respon time berbunga 63-69 hari setelah lampu/penyinaran tambahan dimatikan. Jumlah kuntum bunga dan waktu berbunga umumnya seragam, masa perakaran stek cepat dan tahan terhadap penyakit karat Puccinia horiana, beradaptasi baik pada ketinggian 700-1200 mdpl. Respon time, perakaran stek, dan umur produksi yang pendek menjadi daya tarik secara komersial. Varietas ini prospektif dikembangkan secara masal oleh agro industry bunga nasional. 



5. Krisan Varietas Mustika Kaniya (Chrysanthemum indicum)
Merupakan tipe bunga standar sebagai bunga potong dan bunga pot. Petal bunga berwarna ungu muda dengan jumlah kuntum bunga ang banyak. Memiliki kemekaran bunga yang seragam dan vase life nya panjang. Memiliki akar serabut, inisisai perakaran stek cepat dengan respon time terhadap pembunggan 80-82 hari setelah lampu dimatikan. Keunggulan krisan ini adalah ukuran bunga yang besar, memiliki warna yang unik, berbunga serentak, dapat diperbanyak dengan mudah, dan beradaptasi baik pada ketinggian 700-1200 mdpl. 


6. Krisan Varietas Puspita Kencana
Merupakan kultivar hasil hibridisasi di Balai Penelitian Tanaman Hias sejak tahun 2000. Setelah melewati pengujian adaptabilitas dan produktivitas pada tahun 2001 dan uji preferensi konsumen tahun 2002, kultivar ini dilepas sebagai varietas baru pada tahun 2003. Puspita Kencana memiliki petal bunga berwarna kuning yang tajam dengan ukuran bunga yang lebih besar daripada varietas Town Talk. Puspita Kencana berbunga dengan cepat dan tahan terhadap penyakit karat yang merupakan penyakit umum yang dijumpai di pertanaman krisan di Indonesia. Umur tanaman 102-110 hari, tinggi tanaman mencapai 81 cm, diameter bunga pita 5,82 cm, diameter bunga tabung 1,36 cm, warna bunga pita kuning, warna bunga tabung hijau, bentuk bunga tunggal spray, diameter batang 0,6 cm, dan inisisasi bunga 82 hari setelah penyinaran buatan dihentikan.

Sumber:
Balai Penelitian Tanaman Hias.

No comments:

Post a Comment