Sunday, July 13, 2014

Khasiat Tumbuhan Sarang Semut

Sarang semut merupakan tumbuhan yang secara empiris dapat mengobati berbagai macam penyakit. Kandungan antioksidan (flavonoid dan tokoferol), tanin, serta mineral-mineral yang lain seperti kalsium dan kalium diyakini mampu mencegah dan menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun demikian, masih perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui mekanisme bahan aktif yang terkandung di dalam tumbuhan sarang semut dalam mencegah dan menyembuhkan penyakit. 

Beberapa penyait yang secara empiris dapat disembuhkan oleh tumbuhan sarang semut adalah: kanker atau tomor, gangguan jantung terutama jantung korner, stroke ringan maupun berat, ambeien, benjolan-benjolan dalam payudara bagi wanita, gangguan fungsi ginjal dan prostat, haid dan keputihan, melancarkan peredaran darah, migraine, TBC, rematik, sakit maag, melancarkan dan meningkatkan air susu ibu, meningkatkan gairah seksual bagi pria maupun wanita, serta untuk memulihkan kesegaran dan stamina tubuh sepanjang hari. 

Dosis dan cara meminum ramuan dari sarang semut adalah sebagai berikut:

Untuk penyembuhan penyakit secara umum, sarang semut direbus kemudian rebusanya sebanyak 250 ml air diminum secara teratur 2-3 kali sehari. Ampas rebusan tidak digunakan kembali karena kandungan senyawa aktif sudah jauh berkurang sehingga khasiatnya pun juga jauh berkurang. 

Untuk pencegahan, rebusan sarang semut diminum cukup 1-2 kali setiap minggu secara teratur. 

Sumber: M. Akham Subroto dan Hendro Saputro. Gempur Penyakit dengan Sarang Semut.

No comments:

Post a Comment