Friday, November 28, 2014

Vigna umbellata (Thunb.)

Merupakan legume serbaguna yang biasa ditanam di pematang sawah atau ditumpangsarikan dengan tanaman lain untuk diambil bijinya. Vigna umbellate memiliki beberapa nama daerah seperti kacang ruji atau kacang tholo (Jawa), kacang dadap (Sunda), dan yaba (Maluku). 

Vigna umbellata dapat hidup di berbagai jenis tanah dan iklim. Kacang ruji dapat tumbuh di tanah dengan tekstur pasir hingga liat pada ketinggian 0-1500 mdpl. Kacang ruji dapat tumbuh di iklim basah atau kering dengan curah hujan 1000-1500 mm. Perbanyakan tanaman Vigna umbellata dapat dilakukan dengan biji, dan dibutuhkan 30-40 kg/hektare. 

Vigna umbellata mempunyai pertumbuhan yang tegak atau merambat dan berbentuk terna. Daun termasuk daun majemuk dengan tiga anak. Panjang daun 5-11 cm, lebar 2-8 cm. Bentuk daun oval dengan ujung daun yang runcing. Bunga keluar dari ketiak daun dan berupa tandan. Bunga berbentuk kupu-kupu, berwarna kuning merah atau kuning pucat. Polong berbentuk ramping dan lurus, panjang 5-12 cm, dan lebar 0,5-0,8 cm. dalam satu polong berisi 5-12 biji. Tanaman akan berbunga setelah berumur 1,5 bulan dan akan terus berbunga sampai umur 4 bulan. Pemanenan tanaman pertama dilakukan pada saat tanaman berumur 3 bulan. 

Vigna umbellate merupakan tanaman multifungsi yang dapat digunakan sebagai sumber pangan dan atau sebagai tanaman konservasi. Sebagai tanaman konservasi, Vigna umbellata dapat digunakan sebagai tanaman penutup tanah dan pencegah erosi. Sebagai bahan pangan, Vigna umbellate memiliki kandungan gizi yang berguna untuk metabolisme manusia. Setiap 100 gram biji mengandung protein 25 gram, lemak 1 gram, karbohidrat 58 gram, kalsium 80 mg, fosfor 400 mg, besi 5 mg, vitamin B 30 mg, vitamin C 9 mg, dan sisanya adalah air dan bahan lain. 

Purwanto, Imam. 2007. Mengenal Lebih Dekat Leguminoseae. Penerbit Kanisius, Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment