Thursday, April 2, 2015

Ciri Morfologi Tanaman Saga

tanaman saga, daun tanamaman saga
Tanaman saga merupakan tanaman yang sebenarnya memiliki banyak manfaat. Namun, manfaat tanaman saga belum dimanfaatkan secara optimal. Minimnya pemanfaatan tanaman saga disebabkan oleh pengetahuan masyarakat yang masih minim. Tanaman saga, baik akar, daun, biji, dan batang memiliki kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan. Beberapa kandungan yang berada pada tanaman saga adalah protein, vitamin A, B1, B6, C, kalsium, oksalat, saponin, flavonoid, polifenol, tannin, dan alkaloid. 

Beberapa khasiat tanaman saga adalah pereda batuk bayi, mengatasi batuk kering, memacu sekresi mukrosa, mengeluarkan dahak dan melegakan tenggorokan. Daun saga juga dapat digunakan untuk menyejukkan kulit dan selaput lender pada tenggorokan. Seain itu, bagian tanaman saga juga dapat digunkan untuk mengobati amandel, radang mata, sariawan, penyakit jantung, hipertensi, dan mengobati sakit dalam. 

biji saga
Pohon saga memiliki habitus berupa perdu merambat, membelit dengan panjang 6-9 m. Batang bulat, berkayu, percabangan simpodial, bila masih muda warnanya hijau dan setelah tua berwarna hijau kecoklatan. Daun majemuk, berselang-seling, menyirip ganjil, anak daun 8-18 pasang, bentuk daun bulat telur, ujung meruncing dan pangkalnya bulat, tepi daun rata dengan panjang 6-25 mm dan lebar 3-8 mm, berwarna hijau. Bunga majemuk, berbentuk tandan, bagian bawah berkelamin dua, bagian atas hanya terdiri dari bunga jantan, kelopak bunga bergerigi pendek, berbulu, berwarna hijau, benang sari menyatu pada tabung, panjang tangkai sari ±1 cm, berwarna putih, warna kepala sari kuning, tajuk bunga bersayap, berkuku pendek, lebar ±1 cm, pangkal bunga berlekatan pada tabung sari, berwarna ungu muda hingga kemerah-merahan. Buah polong, panjangnya 2-5 cm, jumlah buah 3-6 buah dan berwarna hijau. Bentuk biji bulat telur, keras, panjangnya 6-7 mm dan tebalnya 4-5 mm, warnanya merah bernoda hitam. Akar tunggang dan berwarna coklat kotor.

Berdasarkan ciri morfoogi, tanaman saga termasuk dalam katagori

Divisi       : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas        : Dicotyledoneae
Bangsa     : Fabales
Suku         : Fabaceae
Marga       : Abrus
Jenis         : Abrus precatorius L.

No comments:

Post a Comment