Monday, July 27, 2015

Mengenal Tanaman Lobi-Lobi

Lobi-lobi (Flacourtia inermis) merupakan tanaman yang masih satu family dengan rukem. Tidak terlalu jelas daerah asal tanaman lobi-lobi. Diduga, lobi-lobi berasal dari Malaysia. Di Malaysia, Indonesia, pulau-pulau pasifik, dan daerah-daerah tropis lainnya, tanaman lobi-obi banyak dijumpai dan ditanam I pekarangan. Lobi-lobi dapat tumbuh di hampir semua jenis tanah tetapi daerah yang berketinggian kurang dari 1300 meter di atas permukaan air laut. 

Lobi-lobi merupakan tanaman yang berbentuk pohon dengan ketinggian 5 sampai 15 meter dan memiliki batang yang tidak berduri. Daun berbentuk blat telur dan berwarna merah muda. Tanaman lobi-lobi berbunga pada bulan januari dan februari serta masak buah pada bulan Mei dan Juli. 

Buah lobi-lobi berukuran kecil dan berbentuk agak bundar. Buah yang sudah masak akan berwarna merah tua dengan rasa yang asam atau juga terkadang manis. Buah lobi-lobi memiliki banyak biji. 

Buah lobi-lobi yang sudah masak dapat digunakan untuk membuat rujak, sirup, selai, buah kalengan, asinan, dan juga manisan. Selain buahnya dapat dikonsumsi, pohon lobi-lobi dapat digunakan sebagai tanaman hias karena memiliki bentuk/sosok tanaman yang indah dan memiliki warna daun muda yang menarik. 

Tanaman lobi-lobi diperbanyak dengan cara okulasi, cangkok, dan sambung pucuk. 

Anonim. 1994. Mengenal Tanaman Langka Indonesia. Penebar Swadaya, Jakarta.

3 comments:

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda yang berjudul " Mengenal Tanaman Lobi-Lobi " .
    Saya juga mempunyai jurnal yang sejenis dan mungkin anda minati. Anda dapat mengunjungi di Indonesia by Universitas Gunadarma

    ReplyDelete