Monday, July 27, 2015

Mengenal Tanaman Rukam

buah rukam
Rukem/rukam (Flacourtia rukem) merupakan tanaman yang berasal dari Malaysia. Saat ini tanaman rukam sudah tersebar hampir di seluruh daerah tropis dan di beberapa daerah sub tropis di dunia. Tanaman rukam dapat tumbuh di hampir semua jenis tanah dengan ketinggian 2 sampai 200 meter di atas permukaan air laut. 

Daun muda tanaman rukam memiliki warna yang menarik yaitu merah muda atau coklat. Bunga berukurankecil dan berwarna hijau. Musim bunga rukam terjadi pada bulan Juni sampai dengan Agustus dan masak buah pada bulan September sampai dengan November.

Buah rukam berbentuk bulat, memiliki daging buah yang tebal, dan mengandung banyak air. Buah yang telah masak berwarna merah kehitaman, memiliki rasa asam atau manis, dan berbiji banyak. Buah rukam dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti buah matang yang dapat langsung dikonsumsi, dibuat asinan/manisan, ataupun dijadikan bahan rujak. Buah yang masih muda pun dapat dimanfaatkan seperti untuk bahan obat-obatan. 

Tanaman rukam dapat diperbanyak secara vegetative atupun generative. Secara generative dengan menggunakan biji dan secara vegetative melalui metode cangkok atau dapat juga menggunakan tunas akar. Dengan okulasi ataupun sambung pucuk, batang bawah yang digunakan adalah tanaman yang masih satu marga dengan tanaman rukam.

Kerabat liar tanaman rukam banyak dikenal dengan nama kupa landak. Buah dari tanaman kupa landak berasa asam dan sepat/kelat. Disamping kerabat liar, terdapat pula kerabat rukam yang sudah banyak dibudidayakan yaitu dari keluarga Domestica dan Erythrocarpa yang dibedakan menurut ukuran buahnya. 


Anonim. 1994. Mengenal Tanaman Langka Indonesia. Penebar Swadaya, Jakarta.

2 comments: