Friday, August 7, 2015

Mengenal Tanaman Kecubung Kasihan

Kecubung kasihan (Datura metae) merupakan tumbuhan asli asia tenggara dan sudah tersebar luas di Indonesia dan daerah-daerah tropis dan beriklim kering lainnya. Biasanya, kecubung kasihan tumbuh liar di tempat-tempat terbuka dengan tanah yang berpasir atau yang tidak terlalu lembab, dan dataran rendah sampai ketinggian 800 meter diatas permukaan air laut.

Kecubung kasaihan merupakan tanaman berbentuk perdu, memiliki batang tebal, berkayu, berbentuk bengkok, dan memiliki tinggi dapat mencapai 1,5 meter. Percabangan kecubung kasihan terbentang lebar ka satu sisi. Daun terletak saling berhadapan, berbentuk bulat telur, dan bagian tepi berlekuk-lekuk tajam. 

Bunga merupakan bunga tunggal berbentuk terompet, tumbuh tegak pada ujung tangkai, berwarna lembayung atau putih. Buah berupa buah kotak yang bentuknya bundar dan memiliki duri. Memiliki biji yang banyak, kecil-kecil, berbentuk gepeng, dan berwarna kuning kecoklatan.

Semua bagain tanaman kecubung kasihan mulai akar, batang, tangkai, daun, bunga, buah, dan biji mengandung senyawa alkaloid yang dapat digunakan sebagai bahan obat bius. 

Selain sebagai bahan obat bius, beberapa bagian tanaman kecubung kasihan dapat digunakan untuk obat. Daun dan akar kecubung kasihan dapat digunakan untuk obat sakit pinggang, linu pada otot, sakit gigi, dan untuk obat sakit asma.

Kecubung kasihan diperbanyak secara generative dengan menggunakan biji.

Anonim. 1994.Mengenal Tanaman Langka Indonesia. Penebar Swadaya, Jakarta.

No comments:

Post a Comment