Monday, August 31, 2020

Mengenal Tanaman Pepaya


Pepaya (Carica papaya) merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Tengah. Di Indonesia papaya digemari karena banya dijumpai disamping beragam khasiat yang dimiliki terutama kandungan serat yang banyak pada buah papaya.

Varietas unggul papaya diarahkan agar memiliki sifat sebagai berikut: produktivitasnya tinggi, tidak terpengaruh oleh perubahan iklim, buah bulat Panjang atau Panjang, rongga buah kecil agar buahnya tebal, daging merah dan berasa manis, kulit buah kuat, tidak lembek supaya tahan saat pengankutan dan tidak mudah rusak, resisten terhadap penyakit akar yang berbahaya.

Masyarakat indonesesia umumnya menyukai buah papaya yang besar, bulat Panjang, berdaging merah, dan memiliki rasa yang manis. Beberapa varietas yang banyak ditanam di Indonesia adalah Pepaya Semangka, Pepaya Jinggo, Pepaya Cibinong, dan Pepaya Bangkok.

Pepaya Semangka memiliki bentuk lonjong berputing. Daging buah berwarna merah seperti semangka dan memiliki rasa yang manis serta berair banyak. Kulit buah berwarna kuning ketika sudah matang dan relative tahan ketika diangkut.

Pepaya Jinggo mirip dengan Pepaya Semangka. Daging buah berwarna merah semangka dan berair banyak. Kulit buahanya berwarna Jingga. Jika dibandingkan dengan Pepaya Semangka, rasanya lebih kurang manis. Namun, Pepaya Jinggo lebih tahan dalam pengangkutan dibandingkan dengan Pepaya Semangka.

Pepaya Cibinong berbentuk Panjang, besar, dan lancip pada ujung buah. Kulit buahnya tebal, tidak rata, dan akan tetap berwarna hijau meskipun sudah matang. Rasa Pepaya Cibinong juga tidak begitu manis.

Pepaya Bangkok mirip dengan Pepaya Cibinong. Bentuk lebih bulat dan lebih besar. Warna daging buah jingga bersemu merah dan lebih keras.

Selain varietas-varietas tersebut di atas, di Indonesia juga terdapat Pepaya Burung. Pepaya ini jarang dikonsumsi manusia walaupun rasanya manis dan aromanya enak. Jenis-jenis lain seperti Pepaya Ijo, Papaya Mas, Pepaya Solo, dan Pepaya Item Panjang hanya dijadikan sebagai makanan burung.

Sumber: Suhartono, Mas. 2016. Petunjuk Praktis Mengenal Buah-Buahan Unggul Indonesia. Nuansa Cendikia, Bandung

Sumber gambar: https://cdn-u1-gnfi.imgix.net/post/large-cara-mencangkok-pohon-pepaya-california-a450de9b4a79a4c25bbfa9d07eaf457f.jpg?w=1200&max-h=630&fit=crop&crop=face&mark-align=right&mark-scale=15&mark-pad=40&mark64=aHR0cHM6Ly93d3cuZ29vZG5ld3Nmcm9taW5kb25lc2lhLmlkL2Fzc2V0cy9mcm9udDIwMTkvaW1hZ2VzL3Jlc3RvcmluZy1pbmRvbmVzaWEtdW5pay5wbmc

No comments:

Post a Comment