Sunday, December 29, 2013

Budidaya Jambu Air Deli Hijau dengan Sistem Tabulampot

jambu air deli hijau umur 2 tahun siap dipanen
Jambu air deli hijau merupakan salah satu komoditas pertanian buah-buahan yang memiliki prospek yang bagus untuk dikembangkan. Selain memiliki harga yang cukup tinggi, antara 30 ribu hingga 40 ribu per kilogramnya, jambu air deli hijau juga memiliki kelebuhan lain seperti mudah dibudidayakan, rasa manis, bobot buah besar, dan perawatan relatif lebih mudah. Saat ini, jambu air deli hijau banyak dikebangkan di Sumatra Utara khusunya di kota Binjai dan Kabupaten Langkat. Salah satu alternatif pengembangan jambu air deli hijau adalah dengan system bertanam buah dalam pot. Bertanam buah jambu air deli hijau daam pot relatif mudah. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah

a. Wadah/pot
Pot menjadi salah satu hal utama yang perlu diperhatikan karena menjadi media pertumbuhan tanaman yang terisolasi selama pertumbuhan dan perkemabangan tanaman. Pada prinsipnya, mengacu pada morfologi, ukuran, dan syarat tumbuh tanaman, pot untuk penanaman jambu air deli hijau dalah yang berukuran minimal 60 x 60 cm untuk bentuk persegi, dan untuk yang berbentuk lingkaran, diameter bagian atasnya adalah 60 cm juga. Pot/wadah yang digunakan harus tahan minimal selama 2-3 tahun.

b. Media tanam
Media tanam yang baik untuk jambu air deli dalam pot adalah yang banyak mengandung bahan organik. Tanah atau kompos yang digunakan adalah bahan yang steril yang bebas dari cendawan maupun OPT lain yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman nantinya. Diusahakan, pupuk kandang yang digunakan adalah pupuk kandang yang sudah matang dan berasal dari kotoran ungags karena akan berpengaruh terhadap rasa buah. Perbandingan antara tanah dengan pupuk kandang adalah 2:1.

c. Jarak tanam
Jarak tanam pada budidaya jambu air deli hijau dengan system tabulampot adalah 2 x 3 m atau 3 x 3 m. Jarak tanam tersebut sudah sesuai dengan morfologi tajuk jambu air deli. Jarak tanam yang relatif rapat juga menjadi kelebihan tersendiri pada budidaya jambu air deli hijau karena dalam satu satuan luas dapat ditanamami banyak tanaman jambu air deli hijau.

d. Perawatan
Pemupukan dan pengendalian hama menjadi hal utama yang harus diperhatikan dalam perawatan jambu air deli hijau. Pada umur 1-6 bulan pertama, tanaman membutuhkan banyak unsur N untuk membentuk cabang produktif dan batang yang kokoh. Untuk itu, perlu tambahan pupuk nitrogen yang lebih banyak pada umur 1-6 bulan tersebut. Untuk pengendalian OPT, dilakukan penyemprotan 1 bulan sekali pada musim kemarau dan 1-3 minggu sekali pada saat musim hujan. Beberapa OPT yang sering menyerang jambu air deli hijau adalah ulat, lalat buah, belalang, kutu, dan jamur.

e. Pasca panen
Untuk menghasilkan buah jambu berkualitas super, maka perencanaan sejak awal berbunga harus sudah diprogram, mulai dari penjarangan buah, pemilihan bakal buah, sampai kepada pemrongkosan. Pemanenan yang terencana bertujuan untuk mendapatkan buah yang maksimal dan tingkat kematangan yang diinginkan konsumen sehingga sesuai dengan permintaan pasar. 

Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Binjai

No comments:

Post a Comment