Monday, September 9, 2013

Kunyit untuk Pengobatan Berbagai Penyakit

Merupakan terna yang mampu tumbuh hingga ketinggian 70 cm. memang sudah dikeal sebagai tanaman obat yang sudah banyak digunakan dan dikenali manfaatnya. Perbanyakan dengan menggunakan rimpang. Perawatan tanaman cukup diberi air secukupnya secara rutin walaupun juga merupakan tanaman yang tahan terhadap kekeringan. 

Kegunaan dan Cara Menggunakan

a. Demam: rimpang segar 20 gram dicuci lalu diparut. Ditambahkan ½ gelas air matang lalu diaduk secara merata, peras dengan sepotong kain. Air perasannya diminum, dilakukan 2 kali sehari.

b. Perut kembung, mual, dan tidak nafsu makan: rimpang segar 50 gram dibersihkan lalu diparut. Ditambahkan 3 sendok air, diaduk merata lalu diperas dan disaring. Dibagi untuk 3 kali minum.

c. Terlambat haid: rimpang kunyit dan daun sri gading masing-masing 15 gram, biji kapulaga dan pala 10 gram, ketumbar, jinten hitam, dan cengkeh masing-masing 5 gram. Dipotong-potong, seperlunya lalu direbus degan 3 gelas air hingga 1 gelas. Setelah disaring dibagi untuk 3 kali minum. 

d. Eksim: rimpang tua sebesar ibu jari diparut. Ditambahkan satu sendok teh air kapur sirih dan perasan 1 buah jeruk nipis. Diaduk hingga merata dan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit. 

e. Keputihan: kunyit sebesar ibu jari yang sudah tua dikupas dan diparut, ditambahkan ¾ gelas laruatan asam dan gula jawa, diaduk hingga merata. Diperas dengan sepotong kain, diminum setiap hari.

f. Radang Rahim, radang usus buntu, dan sakit kuning: rimpang muda ½ jari dicuci dan dipartut. Diperas dengan kain, ditambahkan 1 sendok makan madu dan 2 sendok makan air. Diminum 3 kali sehari.

g. Gatal cacar air: segenggam daun asam dan satu rimpang kunyit dicuci bersih, digiling/ ditubuk hingga menjadi seperti adonan kue / bubur. Dioleskan pada bagian tubuh yang gatal karena terkena cacar air.

h. Radang gusi: 3 potong gambir dan ½ jari kunyit dicuci lalu diiris tipis-tipis. Direbus dengan 2 gelas air hingga hanya tersisa 1 gelas. Air hasil rebusan dipakai untuk kumur-kumur. Dilakukan setiap 3 kali sehari. 

i. Radang amandel: ½ jari kunit dicuci, diparut, dan ditambahkan 2 sendok makan air. Diaduk hingga merata kemudia diperas. Air perasannya ditambah dengan 1 butir kuning telur ayam dan sedikit air kapur sirih. Adonan dikocok merata lalu diminum. Dilakukan 1-2 kali sehari. 

j. Tekanan darah tinggi: rimpang ½ jari diparut, ditambahkan 1 sendok makan madu, diaduk, diperas, lalu diminum air hasil perasannya. Dilakukan 2-3 kali.

No comments:

Post a Comment