Tuesday, August 22, 2017

Syarat Tumbuh Tanaman Talas

Kesesuaia lahan menjadi hal yang perlu diperhatikan dan dipenuhi dalam sebuah usaha budidaya tanaman yang intensif. Dalam budidaya tanaman talas, lahan yang sesuai dengan syarat tumbuh tanaman dan diikuti oleh teknis budidaya yang tepat akan mengoptimalkan pertumbuhan, perkembangan, dan hasil tanaman talas. Berikut adalah persyaratan kondisi lingkungan yang sesuai untuk pertumbuhan tanaman talas. 

a. Iklim 
Secara umum, talas mampu tumbuh dan berkembang baik padaiklim tropis dan sub tropis. Talas dapat dibudidayakan di lingkungan dengan curah hujan tinggi ataupun juga curah hujan rendah. Curah hujan yang optimal untuk pertumbuhan talas adalah 175 cm per tahun. Talas membutuhkan penyinaran penuh selama pertumbuhan dengan suhu 25-30 dan kelembaban tinggi. 

b. Media tanam 
Talas dapat tumbuh di berbagai jenis tanah seperti lempung yang bebas air tanah, tanah vulkanik, andosol, dan latosol. Talas tumbuh baik pada tanah dengan drainase baik dengan tingkat keasaman 5,5-6,5. Tanah bergambut juga sesuai untuk pertumbuhan talas asa diberi kapur terlebih dahulu sebanyak 1 ton/Ha. 

c. Ketinggian tempat 
Talas dapat tumbuh pada ketinggian 0-1300 mdpl. Di indonesia, talas dapat tumbuh di daerah pantai sampai dengan pegunungan dengan ketinggian 2000 mdpl. Semakin tinggi ketinggian tempat maka umur panen juga kana semakin panjang. 

Refferensi: 
Deputi Menegristeg Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Talas. Dengan sumber: Sistem Informasi Manajemen Pembangunan di Pedesan, Proyek Pemd Bappenas. 

1 comment:

  1. Indonesia has so many beautiful places. Those which you mentioned in your blog are one of them. I like this blog too because of indonesian language.

    ReplyDelete