Saturday, September 23, 2017

Pembibitan Tanaman Talas

Pembibitan merupakan salah satu penentu keberhasilan budidaya tanaman talas. Bahan tanam untuk budidaya tanaman talas dapat berasal dari umbi atau juga dari tunas anakan. Untuk bibit yang berasal dari tunas anakan, dipilih tunas anakan yang berasal dari talas yang berumur 5-7 bulan (tunas kedua dan ketiga). Untuk bibit yang berasal dari umbi, dipilih bagian umbi yang dekat dengan titik tumbuh.

Bibit yang berasal dari anakan sebelumnya dipishkan terlebih dahulu dari indukannya kemudian disimpan di tempat lembab baru kemudian dapat ditanam ketika musim tanam tiba. Bibit dari umbi diperoleh dengan cara mengiris bagian umbi dengan minimal satu mata tunas. Umbi yang telah diiris dikeringanginkan dan dilapisi abu ketika hendak disemaikan.

Bibit yang berasal dari tunas anakan dapat langsung ditanam di lahan pertanaman sedangkan bibit yang berasal dari umbi harus disemaikan terlebih dahulu hingga memiliki 2-3 helai daun sebelum dapat dipindahkan ke lahan pertanaman. 

Refferensi: 

Deputi Menegristeg Bidang Pendayagunaan dan Pemasyarakatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Talas. Dengan sumber: Sistem Informasi Manajemen Pembangunan di Pedesan, Proyek Pemd Bappenas.

No comments:

Post a Comment