Sunday, October 26, 2014

Morfologi Tanaman Kemiri Sunan (Reutealis trisperma)

Sistematika tanaman kemiri sunan menurut  adalah sebagai berikut: 
Divisi                : Magnoliophyta 
Class                 : Magnoliopsida 
Ordo                 : Malpighiales 
Famili               : Euphorbiaceae 
Sub Famili        : Crotonoideae 
Genus                : Aleurites 
Spesies             : Reutealis trisperma (Blanco) Airy Shaw.

Kemiri sunan merupakan tanaman pohon setinggi 15-20 m dengan kanopi berbentuk payung dan terkadang silindris. Kemiri sunan memiliki akar tunjang dan akar leteral yang pertumbuhan yang cepat dengan areal penyebaran yang lebar dan dalam. Areal penyebaran akar lateral dapat mencapai dua kali lebar tajuknya (Paimin, 1997). Akar lateral beserta akar rambut terkonsentrasi pada kedalaman satu meter dari permukaan tanah (Herman dkk., 2008).

Batang kemiri sunan berbentuk silindris berwarna abu-abu sampai kehitaman. Diameter batang dapat mencapai lebih dari 40 cm dengan lingkar batang 195-234 cm. Percabangan bersifat khas berjumlah tiga membentuk segitiga secara simetris. Pada umur 1-3 tahun, jarak antar cabang umumnya 0,25-1 meter. Daun berbentuk jantung dengan tulang daun menyirip dan permukaan yang halus. Panjang daun berkisar 14-21 cm dan lebar 13-20 cm (Hadad et al., 2009).

Bunga kemiri sunan berbentuk malai dengan mahkota bunga berwarna putih hingga kemerahan, putik berwarna kuning muda, ovary berwarna hijau, dan benang sari berwarna putih kekuningan. Buah berbentuk bulat hingga bulat telur, berbulu lembut, dan agak pipih. Buah memiliki 3-4 ruang berisi biji. Buah berwarna hijau ketika muda dan berwarna kekuningan hingga kecoklatan saat matang. Biji berbentuk bulat dan dibungkus tempurung dengan ketebalan 1-2 mm berwarna coklat atau kehitaman. Di dalam biji terdapat daging buah berwarna putih dengan diameter 23-27 mm.

Herman, dkk. 2013. Kemiri Sunan, Tanaman Penghasil Minyak Nabati dan Konservasi Lahan.  IAARD Press, Jakarta

No comments:

Post a Comment