Saturday, September 7, 2013

Kegunaan dan Cara Menggunakan Tempuyung untuk Pengobatan


Merupakan tanaman liar yang tumbuh di tempat-tempat kosong dan terkena cahaya matahari secara langsung. Kebanyakan tumbuh di sekitar tebing-tebing tanah merah yang berkapur. Tanaman berbentuk herba dengan daun mengumpul pada permukaan tanah. Perbanyakan tanaman dengan menggunakan biji pan perawatan tanaman cukup mudah yaitu cukup diberi air secukunya untuk menjaga kelembaban. 

Kegunaan dan Cara Menggunakan

a. Bisul: batang dan daun tempuyung dicuci bersih, digiling halus, diperas, dan air perasannya dioleskan ke tempat yang sakit.

b. Kandung kencing dan empedu berbatu: daun 5 lembar dicuci lalu diasapkan sebentar, dimakan bersama makan nasi. Sehari 3 kali sehari. 

c. Darah tinggi: daun 5 lembar dicuci lalu diasapkan sebentar, dikamakan sebagai kuluban bersama nasi, 3 kali sehari.

d. Kencing batu:
- 250 mg daun kering ditambah 250 cc air digodok. Sehari 3 kali minum sampai sembuh.

- 5 lembar daun tempuyung, 5 lembar daun alpukat, 5 lembar daun sawi tanah, 2 jari gula enau, dicuci bersih lalu digodok dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin, disaring dan diminum sehari 3 kali.

- 5 lembar daun tempuyung, 6 buah jagung muda, 5 lembar daun ngokilo, dan 3 jari gula enau dicuci bersih lalu dipotong-potong seperlunya. Digodok dengan air 3 gelas hingaga tersisa 2 gelas. Diminum 3 kali sehari.

5 comments:

  1. Daun tempuyung memang khasiatnya sudah tebukti, baik secara medis maupun pengobatan herbal. Butuh daun tempuyung ?, silahkan klik DaunTempuyung.Com

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke, terimakasiih atas informasinya. meluncuur.

      Delete
  2. ibuku selama 1 tahun sakit, bulak-balik masuk rumah sakit... biaya untuk pengobatan sudah habis. ketemu orang pedesaan di kasih tau daun tempuyung cukup direbus diminum airnya... alhamdllh 5 bulan sembuh total sakitnya

    ReplyDelete