Sunday, July 3, 2022

Pemanfaaatan Tanaman Tempuyung (Sonchus arvensis L) sebagai Obat

pemanfaatan tempuyung untuk pengobatan
Tempuyung (Sonchus arvensis L) adalah tumbuhan liar yang banyak tumbuh di pekarangan-pekarangan rumah serta banyak tumbuh di tempat yang banyak tumbuhan tidak mampu tumbuh. Tempuyung lebih banyak dianggap sebagai gulma daripada sebagai tumbuhan yang bermanfaat bagi manusia. Tempuyung tumbuh baik pada lingkungan yang banyak hujan dan pada ketinggian 50 – 1650 meter di atas permukaan air laut.

Tempuyung tumbuh tegak dengan ketinggian bisa mencapai 2 meter, mengandung getah putih, dan memiliki akar tunggang yang kuat. Daun tempuyung termasuk daun tunggal dan pada bagian bawah berkumpul pada pangkal membentuk roset akar. Helai daun berbentuk lonjong, ujung runcing, pangkal berbentuk jantung, dan tepi berbagi menyirip tidak teratur.

Panjang daun berkisar 7-45 cm dengan lebar 4-12 cm dan berwarna hijau muda. Daun yang keluar dari tangkai bunga berukuran lebih kecil dengan pangkal memelu batang, letak berjauhan dan berseling.

Buah kotak dengan bentuk memanjang dan pipih, berambut, berwarna coklat kekuningan. Batang yang maasih muda serta daunnya berasa pahit. Walaupun demikian, keduanya bisa dimakan sebagai lalapan. Perbanyakan tumbuhan dini dapat dilakukan dengan bijinya atau menggunakan anakannya.

Beberapa nama untuk tumbuhan tempuyung adalah jombang, lalakina, galibug, lempung, rayana (Sunda). Tempuyung (Jawa). Niu she tou (China), Laitron des champs (Perancis), dan sow thistle (Inggris).

Beberapa penyakit yang dapat diobati menggunakan tumbuhan tempuyung diantaranya adalah batu saluran kencing, batu empedu, disentri, wasir, rematik, radang usus buntu, radang payudara, darah tinggi, luka bakar, pendengaran kurang, dan lain sebagainya.

Contoh penggunaan tempuyung untuk pengobatan

Kemampaun tempuyung untuk dijadikan obat karena tempuyung memiliki beberapa kandungan seperti oc-lak tuserol, P-laktuserol, mannitol, inositol, silika, kalium, flavonoid, dan taraksasterol.


Refferensi: Permana, Heri. 2021. Tanaman Obat Tradisional. CV Titian Ilmu, Bandung.

Sumber gambar:https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/b/b4/Illustration_Sonchus_arvensis0.jpg

No comments:

Post a Comment