Sunday, July 3, 2022

Hujan yang Merusak Pertanaman Kentang di Shandong

pertanaman kentang
Di Shandong (China) musim hujan tahun ini datang dua minggu lebih awal dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Kedatangan musim hujan yang lebih awal ini berdampak negatif terhadap pertanaman kentang di daerah tersebut serta beberapa sentra produksi kentang di sekitarnya.

Kentang dari area pertanaman di Shandong telah dipasarkan sejak sekitar empat bulan terakhir ini. Selama periode ini, hampir semua suplay kentang berasal dari lahan pertanaman normal (bukan greenhouse). Sebelum musim penghujan, lahan-lahan pertanaman menjadi sumber suplay untuk pasar serta cold storage- cold storage sebagai tempat penyimpanan.

Sejak akhir bulan Juni atau tepatnya 24 Juni 2022, beberapa daerah di Shandong, khususnya daerah Qingdao diguyur hujan lebat. Daerah tersebut merupakan salah satu sentra pertanaman kentang di China. Sampai dengan saat ini, curah hujan di daaerah tersebut masih tinggi. Jika hujan deras langsung diikuti oleh kenaikan suhu, maka yang terjadi selanjutnya adalah risiko serangan jamur pada tanaman kentang, kesulitan distribusi (transportasi), serta daya beli yang turun.

Baca Juga: Banjir Merusak Bawang Bombay di Afganistan  

Musim hujan akan menurunkan kualitas dan kuantitas kentang yang diproduksi. Beberapa kentang kualitas bagus akan dijual ke pabrik pembuatan tepung sehingga kemungkinan kentang untuk end user akan menurun.

Di luar Shandong, kentang tumbuh sangat baik. Bahkan di beberapa daerah lain kekeringan sering terjadi karena curah hujan yang rendah dan tidak merata. Masih ada waktu sekitar dua bulan sebelum panen raya kentang terjadi.


Sumber gambar: https://image.made-in-china.com/155f0j00UlZpKsTdnMgL/New-Season-Fresh-Seed-Potato-for-Sale-Shandong-Origin.jpg

No comments:

Post a Comment