Monday, September 17, 2018

Khasiat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

Kelengkeng (Dimocarpus longan) merupakan tanaman asli Cina yang kemudian tersebar ke beberapa belahan dunia dan telah dibudidayakan di Thailand, India, dan beberapa negara di Asia Tenggara. Kelengkeng juga dikenal dengan nama “Dragon Eye” karena bentuknya yang bulat, daging buah yang putih, dan biji yang hitam (mirip pupil mata). 

Buah kelengkeng bertekstur seperti leci tetapi sedikit lebih lunak. Buah kelengkeng memilik kulit berwarna coklat yang mudah rusak, daging buah yang berair, dan biji berwarna hitam yang cukup besar. Kelengkeng dapat dikonsumsi langsung sebagai buah segar ataupun juga dikonsumsi dalam bentuk olahan kering. 
manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan

Kelengkeng memiliki kanundungan vitamin C yang cukup tinggi yaitu cukup untuk memenuhi 80% kebutuhan vitamin C harian. Buah kelengkeng juga mengandung mineral seperti besi, fosfor, magnesium, dan kalium. Selain itu, buah kelengkeng juga kaya akan vitamin A dan anti-oksidan. 

Beberapa khasiat buah kelengkeng untuk kesehatan adalah sebagai berikut: 

1. Kelengkeng memiliki fungsi yang penting pada pengeturan tekanan darah serta memiliki efek sebagai anti depresi. Kelengkeng memiliki efek menenangkan pada saraf dan tekanan darah dan dapat mengurangi kelelahan yang berarti. Kelengkeng dapat mencegah insomnia dan gangguan tidur yang lainnya.
2. Kelengkeng meningkatkan kemampuan sel dalam menyembuhkan luka. Bersama dengan polifenol melawan radikal bebas dan kerusakan sel. Kelengekeng dapat juga mengurangi risiko berkembangnya sel kanker di dalam tubuh. 

3. Kelengkeng melancarkan peredaran darah dan meningkatkan penyerapan besi dalam tubuh. Secara langsung dapat mencegah anemia. 

4. Merupakan sumber energi yang baik dan dan meningkatkan energi dalam jangka waktu yang lama. 

5. Kelengkeng rendah lemak dan kalori. Mengandung karbohidrat kompleks yang meningkatkan energi, stamina, dan mengurangi rasa lapar. Cocok untuk dikonsumsi selama menjalani program diet. 

6. Mengandung tinggi vitamin C yang juga berarti meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Serta dapat menjaga kondisi kesehatan kulit. 

7. Dapat memperbaiki situasi hati dengan mekanisme mengurangi stress dan kelelahan. Meregenerasi dan mengatur sirkulasi darah serta mengurangi risiko penyumbatan pembuluh darah dan stroke. 

8. Bermanfaat untuk kesehatan kulit. Mengandung anti aging yang menjaga dan menignkatkan kesehatan kulit. Meminimalisir kerutan di sekitar mata, kulit pecah-pecah, dan memperbaiki kecerahan warna kulit. Serta menjaga kesehatan gigi dan mulut. 

9. Biji kelengkeng mengandung saponin, tanin, dan lemak yang ketiganya bermanfaat untuk membangun sel dan jaringan tubuh. 

10. Saponin yang terkandung di dalam biji kelengkeng berguna untuk kesehatan rambut dan dapat digunakan sebagai bahan pembuatan sampo. 

Sumber: 

https://ethnicseattle.com/2015/07/01/top-10-amazing-health-benefits-of-longan/#tab2

No comments:

Post a Comment