Tuesday, September 25, 2018

Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan

Secara botani, Leci termasuk keluarga Sapindadaceae dan secara ilmiah dikenal dengan nama Litchi chinensis. Leci merupakan buah tropis yang berasal dari dataran rendah di China, Taiwan, dan Asia Tenggara. 

Di India, Leci dibudidayakan di Muzaffarpur, Bihar, dan India bagian Utara.Muzaffarpur memproduksi 75% dari total produksi Leci di India. 
leci

Khasiat buah leci telah dibuktikan di beberapa negara seperti cina dan india dan juga telah didokumentasikan dengan baik di buku cina kuno. Leci mengandung banyak nutrisi dan vitamin yang berperan untuk melawan berbagai penyakit, menjaga kesehatan kulit, pertumbuhan dan perkembangan anak, serta menjaga kekebalan tubuh. 

Leci mengandung komponen yang dapat melawan kanker. Flavanoid yang terkandung dalam daging buah leci mampu melawan sel kanker. Flavone, quercitin, kaemferol adalah senyawa yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker. Buah leci mengandung zat anti-kanker payudara.
Leci mampu menormalkan tekanan darah disamping juga memperlancar peredaran darah yang juga berarti mencegah stroke. Leci mengandung antioksidan yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit kardiovaskular. 

Buah leci memperkuat sistem pencernaan pada manusia, menjaga usus tetap segar, dan menghilangkan rasa panas/sensasi terbakar di dalam perut. Leci juga menyediakan energi pada tubuh sehingga dapat memperlancar aktivitas harian manusia. Serta pada leci berguna untuk menjaga usus dari racun dan memberi makan bakteri baik pada usus. 

Kandungan fosfor dan magnesium pada buah leci berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi. 

Leci mengandung banyak vitamin C yang berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C berperan untuk mencegah beberapa penyakit seperti demam, batuk, dan radang tenggorokan. Vitamin C juga baik untuk kulit, tulang, dan jaringan tubuh. 

Leci mengandung banyak vitamin B kompleks seperti tiamin, riboflavin, niacin, dan folates. Vitamin B kompleks berperan untuk metabolisme karbohidrat, protein, dan lemak. Beta karoten yang terkandung berperan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan fungsi hati. 

Kandungan kalori yang rendah pada buah leci berguna untuk program diet yang juga berarti mampu menjaga dan mempertahankan berat badan. 

Beberapa manfaat buah leci untuk kulit adalah sebagai anti-aging, mencegah radikal bebas, dan memberi nutrisi pada kulit. 

Beberapa manfaat leci untuk kesehatan rambut diantaranya menjaga kesehatan rambut dan memberikan nutrisi pada rambut. 

Sumber: 

https://ethnicseattle.com/2015/07/01/top-10-amazing-health-benefits-of-longan/#tab2 

1 comment: