Thursday, April 30, 2020

Mengenal Tanaman Apel

menganal buah apel, buah apel dari indonesia
Apel paling banyak diproduksi di negara-negara sub tropis dengan empat musim. Namun demikian, Indonesia juga memiliki beberapa jenis apel yang digemari oleh masyarakat. Apel yang paling banyak di pasaran untuk saat ini adalah apel varietas Rome beauty dan Princess Noble/Apel Australia/ apel hijau/ apel manalagi.

Apel rome beauty memiliki buah berbentuk bulat sampai jorong. Aroma buah tidak tajam dan bertekstur segar karena mengandung banyak kadar air. Daging buah keras dan sedikit kesar berwarna putih kekuningan. Buah yang terkena matahari berwarna merah sementara pada bagian yang tidak terkena matahari berwarna hijau. Buah memiliki bobot 75-300 gram per buah dan mampu memproduksi 15 kg buah apel per tahun. Varietas ini peka terhadap Marsonina.

Varietas princess noble memiliki ciri yaitu buah yang tetap berwarna hijau kekuningan meskipun sudah matang. Aroma buah kuat serta memiliki rasa yang segar. Daging buah berwarn putih, halus, dan berair.

Apel manalagi memiliki ciri diantaranya: rasa buah yang tidak asam meskipun buah belum matang. Warna buah hijau kekuningan. Daging buah agak liat, kurang berair, dan keputih-putihan. Memiliki aroma yang harum segar dan rasa yang manis. Apel manalagi peka terhadap cendawan marsonina. Produksi buah rata-rata 7,5 kg per pohon.

Selain ketiga varietas di atas, masih terdapat beberapa varietas yang prospek untuk dikembangkan. Salah satunya adalah apel ana. Apel Ana berasal dari Thailand dan sudah mulai dikembangkan pada tahun 1979. Apel ana memiliki bentuk seperti trapezium terbalik, berwarna merah tajam, serta pertumbuhanya cepat dan subur. Apel ana memiliki rasa yang lebih masam dari jenis rome beauty.

Sumber:
Suhartono, Mas. 2008. Mengenal Buah-buah Unggul Indonesia. Nuansa Cendikia, Bandung.


sumber gambar: https://idsb.tmgrup.com.tr/ly/uploads/images/2020/05/13/35552.jpeg

No comments:

Post a Comment