Tuesday, April 14, 2020

Asal Penyebaran Tanaman Srikaya

Belum ada sumber yang menyebutkan dengan pasti darimana asal tanaman Srikaya. Namun beberapa sumber menyebutkan bahwa Srikaya berasal dari Benua Amerika. Beberapa menyebut Srikaya dari Meksiko dan beberapa yang lain menyebut Srikaya berasal dari Peru. Awalnya Srikaya di domestikasi di daerah tropis Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Awalnya Srikaya adalah tanaman liar yang belum dibudidayakan. Srikaya banyak dijimpai di padang rumput, hutan, dan pinggir jalan.

Penjajah Sanyol membawa biji-biji Srikaya dari Amerika menuju Filipina dan negara-negara di Asia Tenggara. Penjajah Portugis membawa dan memperkenalkan tanaman Srikaya di India Utara sebelum tahun 1590. Srikaya baru masuk Indonesia pada abad ke 17 dibawa oleh orang Belanda.

Tanaman Srikaya dikembangkan besar-besaran di Cina Selatan, Australia, Polinesia, Hawai, Afrika Tropis, Mesir, dan dataran rendah Palestina. Budidaya Srikaya baru mulainya intensif di daaerah India. Di India, terdapat beberapa kultivar Srikaya dan buahnya telah banyak dijumpai di pasar-pasar. Srikaya merupakan buah yang penting di pedalaman Brazil serta banuak dijumpai di pasar-pasar Bahia.

Sumber Genetik Srikaya di Indonesia sangat terbatas. Kemungkinan hanya terdapat satu kultivar yaitu kultivar dengan kulit buah berwarna hijau kebiruan saat muda dan menjadi hijua kekuningan ketika tua. Kultivar Srikaya di India mencapai 10 kultivar, Mesir 2 Kultivar, dan beberapa negara lain seperti Australia, Meksiko, dan sebagainya.

Di Indonesia, salah satu kerabat paling dekat Srikaya adalah Cerimoya. Telah dilakukan persilangan antara srikaya dengan cerimoya. Hal ini membuka peluang dilakukannya persilangan Srikaya dengan kerabatnya yang lain. Belum banyak dilakukan penelitian terkait keberhasilan hibridisasi antara Srikaya dengan Sirsak.

Refferensi:
Warsino dan Dahana, Kres. 2007. Budi Daya Srikaya. Penerbit Aneka Ilmu, Semarang.

No comments:

Post a Comment