Tuesday, December 24, 2019

Pengaruh Kenaikan Standar Impor Cina terhadap Ekspor Buah Vietnam

Cina merupakan pasar ekspor utama buah-buahan dari Vietnam. Data dari Januari hingga November 2019 menunjukkan bahwa hampir 75% buah dari Vietnam diekspor ke Cina. Semangka dan buah naga adalah dua buah yang setiap harinya dikirim dengan volume kurang lebih enam ribu ton. Namun, kondisi tersebut mungkin tidak akan berlangsung lama seandainya Vietnam tidak melakukan perbaikan akan kualitas buah yang dikirim. Hal ini karena Cina telah menaikkan standar buah-buahan yang dapat masuk ke wilayahnya.

Data dari Kementrian Pertanian Vietnam menujukkan bahwa dalam sebelas bulan terakhir ekspor buah-buahan Vietnam ke Cina mencapai 2,08 juta dollar amerika, turun 13,7% dibandingkan periode yang sama di tahun kemarin. Ekspor kelapa turun 34,9% dan semangka 24,6%. Disamping kedua komoditas tersebut, nilai ekspor buah naga, durian, dan manggis juga menunjukkan tren penurunan.

Menurut Kementrian Pertanian Vietnam, penyebab utama penurunan nilai ekspor Vietnam adalah adanya peningkatan standar untuk buah yang diimpor oleh Cina.

Pada bulan Mei tahun 2019, Cina mengumumkan meningkatkan standar untuk buah yang diimpor dari Vietnam. Pemerintah Cina telah membuat dan memperbaiki kebijaka terkait packaging dan pengangkutan buah-buahan dari Vietnam. Cina telah menerima 9 macam buah yang boleh dikirim dari Vietnam. Tetapi, ekspor dalam jumlah besar selama itu tidak memenuhi standar maka semuanya akan dibatalkan.

Sumber:
https://www.freshplaza.com/article/9175077/will-the-price-of-vietnamese-fruit-drop-after-china-improves-import-standards/

No comments:

Post a Comment