Monday, December 23, 2019

Gambaran Pasar Global Buah Alpukat

Di Eropa, keseimbangan antara suplay dengan permintaan buah alpukat mulai kembali normal. Keseimbangan tersebut membuat harga juga kembali normal setelah sebelumnya harga relatif tinggi. Ada beberapa negara yang kembali mengekspor buah alpukat dalam jumlah banyak seperti Israel, Spanyol, Kolombia, Maroko, Republik Dominika, dan lain sebagainya.

Di Amerika Serikat, Alpukat dari Meksiko masih menjadi yang paling besar disamping adanya alpukat dari Kolombia dan Republik Dominika. Di Cina, popularitas alpukat juga meningkat seiring dengan adanya suplay alpukat dari Selandia baru.

Belanda
Berdasar informasi importir di Belanda, terdapat suplay alpukat yang banyak pada natal tahun ini. Namun hal tersebut belum bisa menjamin ketersediaan alpukat pada tahun baru, sepekan setelah natal berlangsung.

Belgia
Setelah periode kelangkaan alpukat yang menyebabkan harga selalu tinggi, sekarang telah memasuki masa ketika ketersediaan alpukat kembali tinggi yang juga berarti harga turun. Alpukat memang menjadi primadona di Belgia pada beberapa tahun terakhir. Tetapi harga yang terlalu tinggi membuat daya tarik alpukat menjadi berkurang di mata masyarakat.

Jerman
Pasar alpukat di jerman lebih sepi dari biasanya. Hal ini dikarnanakan harga yang tinggi, dua kali lipat harga alpukat biasanya. Di jerman, alpukat kebanyakan diimpor dari Chili, Meksiko, Afrika Selatan, dan Peru.

Perancis
Bulan kemaren, ketersediaan alpukat benar-benar langka di Perancis. Panenan alpukat pada musim tersebut memiliki kualitas yang tidak terlalu baik dan dalam jumlah yang sedikit. Namun pada saat ini harga sudah mendekati normal berkaitan dengan adanya impor alpukat dari beberapa negara.
Italia
Alpukat dan mangga adalah dua komoditas pertanian di Italia yang menghasilkan panenan sangat besar di tahun ini. Banyak restoran mulai menggunakan alpukat sebagai bahan masakan atau pencuci mulut.

Sepanyol
Konsumsi alpukat meningkat setiap tahun dan pada beberapa supermarket, penjualan alpukat naik hingga sepuluh kali lipat. Pertumbuhan dan tingginya konsumsi ini sangat penting karena membuka peluang yang lebih besar untuk menyerap lebih banyak suplay alpukat yang tersebar di pasaran.

Maroko
Terjadi peningkatan produksi alpukat di Maroko hingga 150% dibandingkan tahun kemarin. Kualitas buah juga tidak mengalami penurunan dan masih sama dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan produksi ini merupakan peluang alpukat Maroko untuk diekspor ke pasar eropa.

Meksiko
Meksiko masih merupakan produsen alpukat terbesar di dunia walaupun beberapa daerah penghasilnya mengalami penurunan produksi yang cukup berarti.

Kolombia
Pertanaman alpukat di Kolombia mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Pasar ekspor juga diperluas. Alpukat dari kolombia dikirim ke Eropa. Cili, Arab Saudi, dan Jepang.

Sumber:
https://www.freshplaza.com/article/9174803/overview-global-avocado-market/

No comments:

Post a Comment