Wednesday, September 16, 2020

Mengenal Tanaman Sirsak



Sirsak (Annona muricata) merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan. Di Indonesia, tanaman sirsak tumbuh mulai dari dataran rendah sampai dengan dataran tinggi. Tanaman sirsak merupakan salah satu contoh tanaman yang mudah dibudidayakan karena tidak membutuhkan persyaratan tumbuh yang spesifik (adaptasi tanah dan iklimnya luas). 

Tanaman sirsak memiliki hubungan kekeluargaan dengan tanaman buah lain seperti srikaya, mulwa (buah nona), dan lain sebagainya. Buah sirsak secara spesifik memiliki bentuk yang tidak beraturan. Namun secara umum buah sirsak berbentuk jorong yang mengecil pada bagian ujung. Kulit buah memiliki duri-duri pendek dan lunak. Daging buah lembek/lunak, berwarna putih berserat, berbiji hitam pipih, dan berjumlah banyak. Sirsak memiliki rasa yang asam manis yang segar serta beraroma harum.

Tidak semua sirsak memiliki rasa yang asam manis. Beberapa juga berasa manis, yaitu jenis sirsak ratu. Sirsak ratu berasal dari Pelabuhan Ratu, Sukabumi. Ciri lain dari sirsak ratu adalah lengket di lidah serta memiliki biji yang sedikit.

Sumber: Suhartono, Mas. 2016. Petunjuk Praktis Mengenal Buah-Buahan Unggul Indonesia. Nuansa Cendikia, Bandung.

sumber gambar: https://mmc.tirto.id/image/otf/500x0/2019/11/22/sirsak_ratio-16x9.jpg

No comments:

Post a Comment