Wednesday, September 16, 2020

Mengenal Tanaman Sawo


Tanaman sawo merupakan tanaman asli Asia Tenggara khususnya Indonesia. Indonesia terdapat banyak tanaman sawo terutama di Pulau Jawa. Kultivar atau jenis sawo yang diunggulkan adalah Sawo Apel. Jenis ini memiliki rasa yang manis hingga sangat manis. Kesitimewaan lain adalah adaptasinya yang baik terhadap iklim, tanah, serta organisme pangganggu tanaman (hama, gulma, dan penyakit). Produksi sawo jenis ini sangat memuaskan.

Sawo apel memiliki buah kecil-kecil bulat seperti buah apel dengan diameter kurang dari 4 cm, kulitnya tebal, mengandung banyak getah, rasanya manis, bijinya banyak, dan tahan sehingga mudah dalam pengangkutan serta memiliki buah yang kesat

Sawo jenis lain yang beredar adalah sawo manila. Jenis sawo manila yang dibudidayakan di Jakarta disebut sawo manila Betawi. Sawo manila memiliki buah yang lonjong dan besar. Daging buah halus dan berwarna coklat kemerahan, rasanya manis, tidak mengandung getah, berbiji sedikit, dan banyak mengandung air sehingga menyulitkan pengangkutan.

Jenis sawo lain yang dimasukkan dalam jenis unggul adalah sawo manila kulon, sawo manila karat, dan sawo apel lilin. Jenis-jenis tersebut memiliki rasa yang cukup manis.



Sumber: Suhartono, Mas. 2016. Petunjuk Praktis Mengenal Buah-Buahan Unggul Indonesia. Nuansa Cendikia, Bandung.

No comments:

Post a Comment