Tuesday, April 20, 2021

Jenis Tanaman Obat Keluarga yang Dimanfaatkan Bagian Buah

1. Belimbing Wuluh
Belimbing wuluh atau belimbing sayur merupakan salah satu jenis belimbing yang memiliki rasa lebih asam dibandingkan jenis belimbing yang lainnya. Bentuk buahnya lonjong persegi, berair banyak, dan rasanya sangat asam. Kandungan dalam belimbing wuluh diantaranya tannin, glukosida, sulfur, kalsium oksalat, asam format, saponin, dan peroksida.

Belimbing wuluh berkhasiat sebagai obat sariawan karena kandungan vitamin C yang tinggi. Cara mengobati adalah dengan cukup menempelkan buah pada bagian yang terkena sariawan. Manfaat lain adalah apat mengobati sesak nafas, batuk, hipertensi, dan diabetes.

2. Mengkudu
Mengkudu (Morinda citrifolia) memiliki aroma dan rasa yang kurang enak. Oleh karena itu, buah mengkudu jarang dikonsumsi secara langsung. Cara untuk mengonsumsinya adalah dengan dibuat jus atau dicampur dengan buah lain agar rasanya tersamarkan buah lain dan lebih enak.

Buah mengkudu memiliki khasiat untuk mengobati penyakit jantung coroner, menurunkan demam, dan mencegah encok. Manfaat mengkudu yang lain adalah melindungi kerusakan akibat stroke, menjaga kekebalan tubuh, menurukan kolesterol, dan mencegah kanker.

Sumber: Kusumaningrum, Yulia. 2020. Tanaman Obat Keluarga. Media Karya Putra, Sukoharjo.

No comments:

Post a Comment