Saturday, June 15, 2013

Pengolahan Sirih Merah untuk Obat

1. Rebusan sirih merah
Caranya ambil 3-5 lembar daun sirih merah segar (tanaman yang berumur 4-5 bulan) segera dicuci dan direbus dengan dua gelas air masak sampai mendidih sampai airnya menyusut menjadi 1 gelas. Air rebusan tersebut kemudian didinginkan dan diminum sehari sebanyak 2-3 kali sebelum makan. Apabila tidak tahan dengan rasanya yang pahit getir makan dapat di campur dengan madu secukupnya atau pemanis lainnya tapi dengan takaran yang sesuai. Bagi penderita penyakit berat dianjurkan meminum ramuan ini selama dua minggu berturut-turut. 

2. Teh Sirih Merah
Bagi orang yang tidak sempat membuat rebusan sirih merah maka ada cara praktis untuk mengkjonsumsi daun sirih merah yaitu dengan cara mengkonsumsi ekstrak sirih merah dengan dikeringkan dan dibuat sebagi teh seduhan atau daun segar yang dicuci dan di rendam dalam air panas 1 gelas dan didiamkan sampai minuman dingin lalu dapat di konsumsi dengan aman. Cara lain pengolahannya adalah sebagai berikut: Daun sirih merah yang cukup tua di cuci bersih, diiris kecil-kecil, dijemur sampai kering, kemudian diremas-remas dengan tangan sampai hancur (menjadi bubuk kasar). Agar rasanya lebih segar, bisa ditambahkan teh hijau dan bunga melati kering. Selanjutnya, bubuk daun tersebut dimasukan dalam kantong teh celup. Pemakaiannya sama dengan teh celup pada umumnya, yakni di seduh dan diminum selagi hangat. 

3. Daun Sirih Merah Instan
Rebus daun sirih merah kering sebanyak 50 gram dengan air tiga gelas sampai mendidih. Tambahkan 200 gram gula putih dan 5 sendok makan air jeruk nipis ke dalam air rebusan. Lanjutkan perebusan atau pemanasan sambil menaikkan suhunya menjadi 150° C hingga semua bahan mengkristal. Diamkan kristal daun sirih merah hingga dingin. Setelah dingin, haluskan menggunakan blender. Simpan di dalam toples kaca atau plastik dan tutup rapat. Ramuan instan ini siap dikonsumsi dengan dosis 2—3 sendok teh diseduh dengan air mendidih 200 ml.

4. Sirih Merah untuk Obat Kumur
Daun sirih merah yang digunakan adalah yang masih segar sebanyak 5 lembar. Cuci daun sirih hingga bersih, lalu rebus dengan air dua gelas (400 ml) sampai mendidih dan tersisa satu gelas. Dinginkan air rebusannya, lalu gunakan sebagai obat kumur tiga kali sehari pada pagi, siang, dan sore hari. Ramuan ini sangat baik untuk mengobati gusi berdarah, gigi berlubang, sariawan, radang pada tenggorok, dan bau mulut.

5. Sirih Merah untuk Sirup (Obat Batuk atau Penambah Nafsu Makan)
Ambil daun sirih merah yang tidak terlalu tua sebanyak 10 lembar, lalu cuci bersih dengan air mengalir. Rendam daun sirih tersebut di dalam alkohol 70% selama 30 menit agar bakterinya mati. Tambahkan gula putih sebanyak 100 gram, lalu rebus dengan air empat gelas (800 ml) sampai mendidih dan tersisa satu gelas. Saring, lalu dinginkan. Tuangkan hasil saringan tersebut ke dalam botol yang bersih dan steril. Ramuan ini bisa diminum tiga kali sehari pada pagi, siang, dan sore hari. Sekali minum satu sendok makan.

No comments:

Post a Comment