Tuesday, June 28, 2022

Pemanfaatan Tanaman Sirih (Piper betle, Linn) Sebagai Obat

sirih merah untuk pengobatan berbagai penyakit
Sirih (Piper betle, Linn) merupakan salah satu tanaman yang sudah umum dan dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Sirih adalah tanaman merambat yang biasanya menyulur pada tanaman lain dan atau pada ajir yang telah disediakan. Tanaman sirih mampu memanjang (sulur) hingga mencapai puluhan meter.

Sirih memiliki daun berbentuk pipih menyerupai jantung dengan tangkai yang panjang. Permukaan daun berwarna hijau dan licin sedangkan batang pohon berwarna hijau kecoklatan dengan permukaan yang kasar daun berkerut.

Daun sirih biasanya digunakan untuk ramuan obat-obatan selain juga digunakan untuk nginang (Jawa) atau nyisig (Sunda). Selain sirih hijau, sirih merah juga memiliki khasiat untuk dijadikan bahan baku pembuatan obat-obat herbal/tradisional. Sirih merupakan salah satu tanaman yang dimanfaatkan daunnya untuk pengobatan. Untuk keperluan nyisig, bahan yang digunakan antara lain daun sirih, kapur sirih, pinang, gambir, dan kapulaga.

Terdapat juga jenis sirih merah yang memiliki karakterisitik mirip dengan tanaman sirih pada umumnya  

Nama lain dari sirih antara lain adalah Betel (Perancis), Sirih (Indonesia), Suruh, Sedah (Jawa), dan Seureuh (Sunda).

Sirih dapat berperan mengobati penyakit mata, eksim, bau mulut, kulit gatal, menghilangkan jerawat, pendarahan gusi, mimisan, bronchitis, batuk, sariawan, keputihan, sakit jantung, diare, sakit gigi, dan masih banyak lagi.

Cotoh penggunaan daun sirih untuk pengobatan penyakit jantung adalah sebagai berikut:

Bahan yang digunakan adalah 3 lembar daun sirih, 7 pasang biji kemukus, 3 siung bawang merah, dan 1 sendok jinten putih. Semua bahan tersebut ditumbuk halus dan ditambahkan 5 sendok air panas. Dibiarkan beberapa menit kemudian diperas dan disaring. Hasil saringan diminum dual kali sehari dan dilakukan secara teratur.

Selain cara tersebut, masih terdapat beberapa metode/cara penggunaan daun sirih untuk pengobatan penyakit yang lainya.

Refferensi: Permana, Heri. 2021. Tanaman Obat Tradisional. CV Titian Ilmu, Bandung.
Sumber gambar: https://m.media-amazon.com/images/I/51WlLvP7iEL.jpg

No comments:

Post a Comment