Saturday, June 25, 2022

Pemanfaatan Putri Malu (Mimosa pudica Linn) sebagai Obat

daun dan bunga tumbuhan putri malu
Putri malu adalah salah satu tumbuhan yang dianggap gulma karena tumbuh di tempat yang tidak diinginkan manusia. Tapi di sisi lain, putri malu juga dapat berfungsi sebagai tanaman hias ataupun tanaman batas yang berfungsi sebagai pagar. Putri malu sering dijumpai di pekarangan rumah, persawahan, ataupun ladang.

Tanaman putri malu bersosok rebah (beberapa tegak), memiliki batang yang bulat, dan berduri. Daun berukuran kecil dengan susunan majemuk, berbentuk lonjong dengan ujung yang lancip. Seperti daun pada umumnya, daun putri malu berwarna hijau (tetapi ada juga yang berwarna kemerahan). Bunga tumbuhan putri malu berbentuk bulat seperti bola dengan warna merah muda.

Satu hal yang unik dari tumbuhan putri malu adalah daun yang akan menutup dengan teratur begitu daunnya tersentuh. Sifat itulah yang menjadi dasar penamaan tumbuhan putri malu.

Beberapa nama putri malu diantaranya adalah Han xiu cao (Cina), si kejut, rebah bangun, akan kaget, dan lain-lain.

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh tumbuhan putri malu antara lain susah tidur (insomnia), bronchitis, panas tinggi, herpes, reumatik, dan cacingan.

Tumbuhan putri malu memiliki rasa manis dengan kesan agak dingin (mint) dan dapat berperan sebagai penenang, peluruh dahak, anti batuk, penurun panas, anti radang, peluruh air seni, dan lain sebagainya. Kandungan kimia yang terkandung di dalam tumbuhan putri malu adalah senyawa mimosoine.

Bagian tumbuhan putri malu yang dapat digunakan untuk obat adalah bagian akar, daun, dan seluruh bagian tumbuhan. Baik yang masih segar ataupun sudah kering dalam bentuk simplisia.

Contoh penggunaan tumbuhan putri malu untuk obat luar (luka, radang kulit bernanah, dan herpes)

Tanaman putri malu yang masih segar dillumatkan. Kemudian langsung ditempelkan pada bagian yang sakit.

Untuk obat penyakit dalam, caranya dengan merebusnya bersama dengan air kemudian diminum setiap hari.

Refferensi: Permana, Heri. 2021. Tanaman Obat Tradisional. CV Titian Ilmu, Bandung.

Sumber gambar: https://www.ethnoplants.com/3554/mimosa-pudica-sensitive-plant-seeds.jpg

No comments:

Post a Comment