Thursday, June 23, 2022

Penggunaan Pepaya (Carica papaya, Linn) sebagai Obat


bagian tajuk tanaman pepaya
Pepaya merupakan tanaman buah yang bagian daun, bunga, dan buah yang masih muda juga dapat dipergunakan sebagai sayur. Buah pepaya muda memiliki tekstur yang sedikit crunchy seperti labu siam. Daun dan bunganya memiliki rasa yang pahit. Buah pepaya yang sudah matang memiliki rasa yang manis dan mengandung serat yang cukup tinggi.

Pepaya memiliki batang tegak dan basah dengan lubang di tengah batangnya. Bunga berwarna putih, buah memiliki warna hijau saat masih muda dan berubah menjadi kuning ataupun oranye seiring dengan semakin tingginya tingkat kematangan. Buah pepaya memiliki rongga berbentuk bintang ketika buanya dipotong melintang.

Mutu buah pepaya harus dipertahankan sedemikian rupa sehingga memiliki kualitas yang bisa bersaing untuk bisnis  

Tanaman pepaya dapat mencapai tinggi 10 meter dengan akar yang kuat. Helaian daun pepaya menyerupai tangan manusia.

Beberapa nama daerah untuk tanaman pepaya diantaranya adalah Gedang (Sunda), Betik, Kates, dan Telo Gantung (Jawa Tengah/Jawa Timur).  

Beberapa penyakit yang dapat disembuhukan dengan pepaya diantaranya adalah batu ginjal, hipertensi, malaria, keputihan, kekurangan asi, reumatik, malnutrisi, gangguan salurang kencing, heid berlebihan, sakit perut saat haid, disentri, diare, jerawat, dan ubanan.

Adapun kandungan dalam buah pepaya diantaranya adalah kalori, vitamin A, vitamin B1, kalsium, hidrat arang, fosfor, besi, protein, dan air.

Kandungan lain yang berada di dalam buah pepaya antara lain adalah antibiotik. Suatu zat yang digunakan untuk pengobatan tanpa memberikan efek samping. Buah pepaya juga mengandung suatu unsur yang dapat membuat pencernaan bekerja lebih baik, serta memiliki zat caricaksantin dan violaksantin yang membuat air seni beraksi asam.

Kandungan senyawa carposide pada daun pepaya berkhasiat sebagai obat cacing. Akar dan getah pepaya mengandung papayotin, krpain, kautsyuk, arposit, dan vitamin.

Karena fungsi dan kegunaan tanaman pepaya, bisnis budidaya tanaman pepaya bisa sangat menjanjikan dan dapat memberikan keuntungan  


Refferensi: Permana, Heri. 2021. Tanaman Obat Tradisional. CV Titian Ilmu, Bandung.

No comments:

Post a Comment