Thursday, June 30, 2022

Pemanfaatan Sirsak (Annona muricata, L) sebagai Tanaman Obat

sirsak untuk tanaman obat
Sirsak (Annona muricata L) adalah tanaman buah tropis yang banyak dijumpai di Indonesia. Di Indonesia, tanaman sirsak tumbuh dengan baik pada daerah dataran rendah dengan ketinggian kurang dari 1000 meter diatas permukaan air laut.

Secara morfologi, daun sirsak berbentuk bulat telur agak tebal dan pada permukaan bagian bawah memiliki warna yang lebih muda. Sirsak memiliki batang yang kecil dan ralatif rendah.

Buah sirsak memiliki rasa yang khas (asam dan manis). Rasa ini yang kemudian menjadikan buah ini dinamai sirsak. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda Zuurzak yang berarti kantung yang asam. Buah sirsak yang sudah matang memiliki rasa dominan asam dibandingkan manis. Perkembangbiakan sirsak yang paling baik adalah dengan metode pencangkokan karena akan cepat berbuah.

Selain sebagai buah meja, sirsak juga banyak dimanfaatkan untuk bahan baku perasa minuman atau sebagai bahan baku obat tradisional.

Beberapa nama daerah untuk tanaman Nangka adalah Nangka Sabrang, Nangka landa (Sunda), Nangka Walanda , Sirsak (Jawa), Srikaya Jawa (Bali), Durio ulondro (Nias), Langalo walanda (Gorontalo), Srikaya belanda (Bugis), Naka walanda (Ternate), dan Naka (Flores).

Kandungan yang terdapat di dalam buah sirsak adalah kalori, protein, lamak, karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan yang paling banyak adalah air. Di samping itu, pada bagian daun dan batangnya mengandung unsur tannin, fitosterol, ca-oksalat, dan alakaloid murisine.

Penggunaan sirsak untuk obat

Sirsak dapat digunakan untuk mengatasi penyakit ambeien, sakit kandung seni, bayi mencret, anyang-anyangen, sakit pinggang dan bisul. Contoh penggunaan untuk sakit kandung air seni adalah disiapkan buah sirsak setengah matang. Bahan tersebut dimasak dengan gula dan garam secukupnya. Setelah matang, dimakan selama seminggu berturut-turut.

Refferensi: Permana, Heri. 2021. Tanaman Obat Tradisional. CV Titian Ilmu, Bandung.

Sumber gambar: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/9/90/Annona_muricata_Blanco1.196.png/1200px-Annona_muricata_Blanco1.196.png

No comments:

Post a Comment