Monday, August 31, 2020

Mengenal Tanaman Pisang


Pisang (Musa paradisiaca) termasuk keluarga Musaceae yang sangat digemari karena memiliki rasa yang enak sebagai buah meja. 

Beberapa varietas yang telah dibudidayakan dan dikembangkan adalah:

Varietas Musa Nana. Merupakan varietas yang berasal dari China. Bisa ditanam di dataran tinggi hingga 1000 mdpl. Diatas ketinggian tersebut, pisang ini akan sukar tumbuh.

Varietas Musa parasidiaca. Pisang yang tergolong jenis ini adalah pisang yang enak dimakan setelah dimasak terlebih dahulu.

Varietas Parasidiaca sapientum. Termasuk varietas yang enak dimakan setelah buahnya matang dan enak sebagai buah meja. Beberapa yang termasuk varietas ini adalah Pisang Ambon, Pisang Barangan, Pisang Raja, Pisang Badak, Pisang Susu, Pisang Kepok Kuning, Pisang Nangka, dan Pisang tanduk.

Buah Pisang yang dihidangkan sebagai buah meja harus memenuhi kriteria sebagai berikut: Rasa manis, aroma harum, daging buah empuk, tekstur daging halus, dan memiliki bentuk buah yang menarik.

Kriteria buah pisang unggul untuk proses pemasakan terlebih dahulu (direbus, dikukus, digoreng) adalah daging buah tidak mudah hancur, rasa daging buah lebih enak daripada sebelum dimasak, dan memiliki aroma yang lebih menggugah selera setelah dimasak daripada sebelum dimasak.

Sumber: Suhartono, Mas. 2016. Petunjuk Praktis Mengenal Buah-Buahan Unggul Indonesia. Nuansa Cendikia, Bandung.

Sumber gambar: https://blogpictures.99.co/iStock-526041887.png

1 comment:

  1. Izin promo ya Admin^^

    Bosan gak tau mau ngapain, ayo buruan gabung dengan kami
    minimal deposit dan withdraw nya hanya 15 ribu rupiah ya :D
    Kami Juga Menerima Deposit Via Pulsa
    - Telkomsel
    - XL axiata
    - OVO
    - DANA
    segera DAFTAR di WWW.AJOKARTU.COMPANY ....:)

    ReplyDelete