Tuesday, August 11, 2020

Mengenal Tanaman Nangka

buah nangka, macam macam buah nangka di indonesia

Nangka (Arthocarpus heterophyllus syn artocarpus integra) berasal dari India Selatan. Nangka termasuk keluarga moraceae yang masih satu marga dengan sukun, kluwih, cempedak, dan bendo.

Nangka yang disukai konsumen adalah yang daging buahnya besar, tebal, berbiji kecil, manis, harum, dan lunak. Secara umum terdapat dua golongan Nangka yaitu Nangka biasa dan Nangka bubur. Nangka biasa daging buahnya keras dan agak kesat sementara Nangka bubur buahnya berair dan lunak.

Di masyarakat, terdapat berbagai jenis Nangka. Ada Nangka kapuk, yang daging buahnya empuk, besar, dan Panjang, serta warnanya hijau segar ketika masih muda. Serta memiliki duri yang besar dan jarang.

Di Jawa Tengah, terdapat berbagai jenis Nangka. Terdapat Nangka salak karena memiliki daging buah yang kencang seperti salak. Nangka pandan karena memiliki aroma yang harum seperti pandan. Nangka sukun karena bijinya kecil. Nangka kunir karena daging buah berwarna kuning seperti kunyit. Selain itu terdapat juga Nangka hutan yang buahnya kecil-kecil dan bobot buah tidak lebih dari 4 kg setiap pohon. Walaupun berukuran kecil, Nangka hutan memiliki aroma yang sangat tajam dan rasanya manis.

Sumber:
Suhartono, Mas. 2016. Petunjuk Praktis Mengenal Buah-Buahan Unggul Indonesia. Nuansa Cendikia, Bandung

No comments:

Post a Comment