Monday, August 10, 2020

Mengenal Tanaman Mangga

buah mangga, mangga arummanis

Mangga termasuk keluarga anacardiaceae dari genus mangifera. Genus ini memiliki 62 spesies. Diantara total 62 spesies, hanya 16 spesies yang menghasilakan buah dengan rasa yang enak. Mangga yang biasa dikonsumsi setiap hari seperti manga golek dan arum manis merupakan spesies Mangifera indica L.

Terdapat tiga varietas manga yang diunggulkan yaitu Arumanis, Golek, Madu, dan Manalagi. Yang menjadi keistimewaan untuk jenis-jenis mangga tersebut adalah: hasil buahnya banyak, daging buah tebal, dan rasa buah lezat.
Mangga Arumanis berasal dari Probolinggo, Jawa Timur. Mangga ini lebih popular dibandingkan jenis mangga yang lainnya karena memiliki rasa yang sangat manis dan beraroma sangat harum sehingga disebut arumanis.

Mangga golek juga berasal dari Probolinggo, Jawa Timur. Bentuknya memanjang, berwarna hijau muda, menguning seiring bertambahnya kematangan, dan daging buahnya berwarna kuning.

Mangga Manalagi berasal dari Pasuruan, Jawa Timur. Disebut mangga manalagi karena sekali makan, orang akan mencari kembali. Rasanya seperti perpaduan antara mangga golek dan arumanis. Berat buah rata-rata lebih berat dari mangga arumanis.

Sumber: 
Suhartono, Mas. 2016. Petunjuk Praktis Mengenal Buah-Buahan Unggul Indonesia. Nuansa Cendikia, Bandung.

No comments:

Post a Comment