Monday, January 18, 2021

Penyakit Layu Fusarium pada Tanaman Bawang

Penyakit ini dikenal juga dengan nama rebah semai (dumping off). Pada musim yang cocok untuk pertumbuhan patogen, kerusakan dan kerugian dapat mencapai 60-75%. Kelembaban tinggi dikombinasikan dengan suhu yang dingin (seperti pada musim hujan) dapat meningkatkan intensitas serangan. Terdapat dua tipe yaitu pre emergence dumping off dan post emergence dumping off.

Pre emergence dumping off yaitu gejala terjadi sebelum tunas tanaman muncul di permukaan tanah. Dan post emergence dumping off patogen menyerang bagian leher akar dari kecambah di atas permukaan tanah. Penyakit ini menyebabkan tanaman mati ketika masih muda.

Perbedaan tingkat serangan penyakit ini dipengaruhi oleh ketahanan daun dari masing-masing tanaman, serta kelembaban tinggi serta bekas luka gigitan serangga.

Gejala Penyakit
Penyakit ditandai dengan adanya beberapa daun yang terkulai layu kebawah karena kekurangan air yang disebabkan oleh kerusakan akar. Serangan terjadi pada bagian-bagian tanaman yang lemah, biasanya terjadi pada bekas gigitan serangga atau kerusakan biologis. Jika penyakit menyerang akar atau bagian yang baru tumbuh, tanaman akan tampak menguning dan layu. Umbi berpenyakit menjadi coklat tua dan mudah patah. Kalau umbi dipotong melintang tampak bagian pusatnya berwarna kehitaman.
Penyebab Penyakit
Penyebab penyakit adalah jamur dengan bentuk koloni berwarna putih kemerahan berkelompok seperti kapas. Penyebab penyakitnya adalah jamur Fusarium oxysporum. Dengan hifa bersekat, berwarna hialin dengan ukuran 5-7 mikron.

Pengendalian
Pertama yang harus dilakukan adalah memilih bibit yang sehat sebelum ditanam dan bibit direndam menggunakan thiram 2 gr/kg. hindari pertanaman yang terus menerus pada lahan yang sama. Penyakit layu fusarium dapat dikendalikan dengan menggunakan bubur bourdeaux 1-2%. Dapat juga menggunakan perlakuan solarisasi dengan menutup tanah menggunakan 250 gauge polyetien sheet selama 30 hari sebelum tanam.

Sumber: 
Prof. Dr. Ir. Ika Rochidatun Sastrahidayat. 2013. Penyakit Tanaman Sayur-Sayuran. UB Press, Malang.

Sumber gamber:
https://8villages-dashboard.s3.amazonaws.com/1577326054-46-93195.jpg

No comments:

Post a Comment