Monday, January 4, 2021

Penyakit Embun Tepung (powdery mildew) pada Tanaman Wortel

Penyakit ini banyak menyerang tanaman rumput-ruputan, sayuran, tanaman hias, dan beberapa tanaman kacang-kacangan dengan spesies yang berbeda.

Gejala Penyakit

Pada tanaman yang terserang, maka di permukaan daun baik di atas ataupun bawah Nampak adanya tepung yang berwarna putih yang merupakan kumpulan dari miselium, konidiofora, dan konidia jamur penyebab penyakit. Biasanya terjadi pada daun-daun yang masih muda. Biasanya bercak diawali dengan adanya bintik putih yang kemudian bergabung menjadi bintik besar dan akhirnya menutupi seluruh permukaan daun baik di permukaan atas ataupun permukaan bawah daun. Pada perkembangan selanjutnya, daun berubah menjadi kuning, layu, dan pada akhirnya mati.

Penyebab Penyakit
Penyakit ini disebabkan oleh jamur Erysphe polygoni dengan ciri morfologi sebagai berikut: miselium bercabang, berwarna putih dan ketika sudah tua berubah menjadi coklat. Konidiofora tumbuh secara tegak lurus pada miselium, menghasilkan konidia bersel satu, hialin, dan berbentuk bulat panjang. Jamur ini juga membentuk kleistotesium yang memiliki bentuk seperti bola tanpa adanya ostiole. Kleistotesium terbentuk khususnya di daerah beriklim sedang mulai bulan juni sampai berakhirnya masa pertumbuhan.
Daur Penyakit
Jamur ini menghasilkan dua macam spora yaitu konidia pada musim panas dan askospora pada musim dingin. Pada masim semi, jamur mempertahankan diri dengan membentuk konidia dan bila lingkungan menguntungkan, konidia akan berkembang biak membentuk miselium. Keparahan penyakit ini akan meningkat pada pertanaman yang ternanungi dibandingkan pada pertanaman yang terkena sinar matahari secara langsung. Keberadaan penyakit ini hampir merata di semua pertanaman wortel dengan rata-rata serangan sebesar 30%.

Pengendalian
Usaha untuk mengendalikan penyakit ini adalah dengan membuat agar lingkungan dapat menghambat pertumbuhan dan perkembangan jamur. Penggunaan varietas yang resisten/tahan ternyata belum cukup memberikan hasil yang memuaskan. Salah satu cara pengendalian untuk menekan keparahan penyakit ini adalah dengan menggunakan fungisida sistemik atau dengan hembusan sulfur.

Sumber: 
Prof. Dr. Ir. Ika Rochidatun Sastrahidayat. 2013. Penyakit Tanaman Sayur-Sayuran. UB Press, Malang.

Sumber gambar:
https://plantr.ee/wp-content/uploads/sites/2/2020/08/mildew-banner.jpg

No comments:

Post a Comment