Monday, December 28, 2020

Penyakit Hawar Daun pada Tanaman Wortel

Penyakit ini pertama kali ditemukan di Jerman pada tahun 1955. Dan sejak saat itu, penyakit ini sering dijumpai pada pertanaman wortel khususnya daerah dengan iklim sedang. Ketika lingkungan menguntungkan untuk pertumbuhan patogen, serangan dapat menyebabkan kerusakan berat pada tanaman.

Gejala Penyakit
Gejala diawali dengan adanya bintik coklat kehitaman kemudian membentuk bercak bulat dengan pusat yang berwarna terang dikelilingi oleh tepi berwarna kuning. Selanjutnya bercak berkembang menjadi bentuk yang tidak beraturan dan bila jaringan mati akan berwarna hitam. Bisanya diawali dari pinggiran daun, layu, kering, kemudian mati.

Penyebab Penyakit

Hawar daun pada tanaman wortel disebabkan oleh jamur Alternaria dauci dengan ciri-ciri sebagai berikut: memiliki konidia berbentuk seperti gada dengan ciri khas memiliki ekor dan kepala. Memiliki sekat melintang sampai 9, berwarna gelap, dengan ekor seperlima dari seluruh bagian tubuhnya. Konidia dihasilkan di atas konidiofora.
Daur Hidup
Patogen dapat terbawa oleh benih yang nantinya merupakan sumber infeksi. Pada musim yang sangat dingin, patogen bertahan pada sisa jaringan inang dan juga gulma. Spora dapat diproduksi pada setiap suhu di setiap musim pertumbuhan. Infeksi biasanya terjadi pada masa pembibitan.

Spora disebarkan melalui beberapa cara seperti lewat air, tiupan angin, alat pertanian, serangga, binatang, dan manusia.

Suhu optmimal untu pertumbuhan jamur Alternaria dauci adalah 27,7C.

Pengendalian
Beberapa cara pengendalian yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:
1. Dilakukan rotasi tanaman/pergiliran tanaman untuk menekan tingkat keparahan serangan.
2. perendaman benih selama 4 jam dengan laurtan Thiram 0,2%
3. Penyemprotan dengan beberapa fungisida dengan bahan aktif Mancozeb, Maneb, atau Chlorothalonin sebanyak 3-4 kali selama periode pertumbuhan.

Sumber:
Prof. Dr. Ir. Ika Rochidatun Sastrahidayat. 2013. Penyakit Tanaman Sayur-Sayuran. UB Press, Malang.

Sumber gambar:
https://bugwoodcloud.org/images/768x512/5506549.jpg

No comments:

Post a Comment