Wednesday, August 25, 2021

Pemeliharaan Tanaman Tomat

Pemeliharaan tanaman tomat sebenarnya dimulai sejak pembibitan tanaman tomat. Namun pada umumnya, pemeliharaan dimulai setelah tanaman tomat dipindahtanamkan ke lahan penanaman. Dalam budidaya tanaman tomat, pemeliharaan tanaman meliputi:

1. Panyiraman.
Penyiraman dilakukan utamanya ketika musim kemarau yang berkepanjangan. Penyiraman dilakukan dengan hati hati karena penyiraman yang sembarangan dapat merusak tanaman. Direkomendasikan penyiraman dilakukan pada pagi dan sore hari.

2. Pemupukan
  • Pupuk kendang dengan takaran 10-20 ton per hektar atau 0,51 kg per tanaman yang diberikan seminggu sebelum tanam.
  • Pupuk TSP dengan dosis 2,5-3 kuintal per hektar yang diberikan seminggu sebelum penanaman.
  • Pupuk urea pertama dengan dosis 1 kuintal per hektar diberikan bersama dengan tanam. Dosis kedua sebanyak 1 kuintal per hektar diberikan 4 minggu setelah tanam.
  • Pemupukan dilakukan dengan membenamkan secara melingkar pupuk di areal pertanaman. Pemupukan disesuaikan dengan tingkat kesuburan tanah setempat.
3. Penyulaman
Penyulaman dilakukan bila ada tanaman yang mati, rusak, dan atau pertumbuhannya terganggu. Penyulaman dilakukan dengan bibit yang seumuran dengan bibit yang disulam.

4. Penyiangan dan Pembumbunan
Penyiangan dan pembumbunan dilakukan bersamaan ketika tanaman sudah berumur 1 bulan. Gulma sekitar tanaman diambil kemudian pangkal batang tanaman dibumbun dengan tanah.

5. Pemberian Mulsa
Mulsa diberikan agar tanah tetap gembur, mengurangi penguapan, dan menekan pertumbuhan gulma. Mulsa yang digunakan dapat yang berbahan plastik atau yang lebih murah adalah yang berbahan sisa tanaman atau rerumputan.

6. Pemangkasan
Pemangkasan dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan buah yang besar dan cepat masak. Pemangkasan dilakukan satu sampai dua kali dalam sebulan dengan cara memotong bagian pucuk atau cabang ketiga pada batang pokok. Tanaman tomat yang telah memiliki lima dompolan buah harus dipotong pucuk batang dan tunas tunasnya agar buah dapat besar dan cepat masak.

Sumber:
Herawati, W.D. 2012. Budidaya Sayuran. Javalitera, Sleman.

Sumber gambar: https://cdn-cms.pgimgs.com/news/2016/06/TipsMenanamTomat-Tomat.jpg

No comments:

Post a Comment