Monday, August 30, 2021

Penanaman Cabai di Lahan Pertanian

Persiapan media tanam dalam polybag
Bibit yang telah disemaikan dipindahtanam ke dalam polybag sebelum ditanam ke lahan. Adapun persiapan untuk penanaman di polybag adalah sebagai berikut:

Polybag untuk pertanaman adalah yang berlubang kanan dan kirinya untuk pengaturan air. Tanah yang dimasukkan adalah campuran tanah dan pupuk kandang dengan takaran 2:1 sebanyak 1/3 volume polybag. Ditambahkan furadan atau curater 3G 4 gram per polybag. Kemudian ditambahkan 1/3 campuran medita tanam yang tadi sudah dimasukkan. Pupuk dasat yang perlu ditambahkan adalah 10 gram SP 36, 5 gram KCl dan 1/3 bagian dari campuran 10 gram urea dan 20 gram ZA per tanaman.

Penanaman di lapangan
Bedengan disiapkan yang sudah dicampur dengan pupuk kandang. Bedengan ditutup dengan mulsa plastik. Mulsa dilubangi sebagai media tanam. Bibit dipindahkan dengan hati-hati ke dalam lubang tanam.

Penanaman
Bibit cabai yang baik adalah yang pertumbuhannya tegar, warna daun hijau, dan tidak cacat/terkena hama dan penyakit. Bibit ditanam di lubang tanam yang telah disiapkan sebelumnya di lahan pertanaman. Tanaman cabai harus dirawat agar pertumbuhannya optimal.

Sumber:
Herawati, W.D. 2012. Budidaya Sayuran. Javalitera, Sleman.

Sumber gambar: https://i2.wp.com/gdm.id/wp-content/uploads/2020/09/pemupukan-1024x600.jpg

No comments:

Post a Comment