Monday, January 24, 2022

Cara Penggunaan Asam Jawa sebagai Obat

Asam jawa merupakan tanaman obat yang memiliki beberapa khasiat obat. Adapun cara penggunaan asam jawa sebagai obat untuk berbagai penyakit adalah sebagai berikut:

Asma
Bahan yang diperlukan adalah dua potong kulit pohon asam jawa, adas pulawaras secukupnya. Keduanya direbus dengan air satu liter sampai mendidih. Hasil rebusan disaring kemudian diminum dengan intensitas dua kali sehari.

Batuk kering
Bahan yang diperlukan adalah tiga polong buah asam jawa dan setengah genggam daun saga. Cara membuatnya adalah dengan merebus kedua bahan dengan 4 gelas air mendidih hingga tinggal tersisa 1 gelas kemudian disaring. Cara penggunaannya adalah diminum dua kali sehari setiap pagi dan sore.

Demam
Bahan yang diperlukan adalah segenggam daun asam jawa dan adas pulawaras secukupnya kemudian kedua bahan tersebut direbus dengan setengah liter air sampai mendidih kemudian disaring. Penggunaan obat ini adalah dengan meminumnya dua kali sehari pada pagi dan sore.

Sakit Panas
Bahan yang digunakan adalah dua polong asam jawa yang telah masak dan garam secukupnya. Kedua bahan tersebut diseduh dengan segelas air panas kemudian disaring. Cara menggunakannya adalah dengan meminumnya seperti biasa. Resep tersebut tidak dianjurkan diminum oleh ibu hamil.

Rematik
Bahan yang digunakan adalah segenggam daun asam jawa dan 2-3 biji asam jawa. Keduanya ditumbuk halus lalu dipakai untuk kompres bagian yang sakit.

Sakit perut
Bahan yang diperlukan adalah 3 polong buah asam jawa dan 1 potong gula aren kemudian keduanya disedu dengan segelas air panas, disaring, lalu diminum.

Sariawan
Bahan yang diperlukan adalah 2 polong asam jawa, 2 rimpang temulawak, dan sepotong hula kelapa kemudia semuana bahan direbus sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring dan diminum biasa.

Luka borok
Bahan yang digunakan adalah beberapa biji asam jawa. Ditumbuk halus kemudian ditempelkan pada luka kemudian diperban.

Eksim dan Bisul

Bahan yang diperlukan adalah segenggam daun asam jawa yang masih muda dan dua rimpang kunyit sebesar ibu jari. Kedua bahan ditumbuk sampai halus kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit.

Bengkak karena disengat lipan atau lebah
Bahan yang digunakan adalah 3-5 biji asam jawa dan minyak kayu putih secukupnya. Biji ditumbuk halus. Bagian yang bengkak dibersihkan terlebih dahulu kemudian dibasahi dengan minyak kayu putih. Selanjutnya ditabur/ditempeli dengan serbuk biji asam jawa yang telah ditumbuk.

Sumber: Permana, Heri. 2021. Tanaman Obat Tradisional. CV Titian Ilmu, Bandung.

Sumber gambar:
https://res.cloudinary.com/dk0z4ums3/image/upload/v1638927245/attached_image/manfaat-asam-jawa-tidak-seasam-rasanya.jpg

No comments:

Post a Comment