Thursday, January 20, 2022

Contoh Penggunaan Alpukat sebagai Tanaman Obat

Alpukat merupakan tanaman buah yang juga bisa dimanfaatkan sebagai obat. Kandungan yang berada di dalam buah dan bagian tanaman alpukat membuatnya mampu memberikan khasiat sebagai obat. Beberapa contoh cara penggunaan alpukat untuk pengobatan, khususnya masyarakat Indonesia adalah sebagai berikut:

1. Sariawan
Daging buag alpukat yang sudah matang diberi dua sendok madu murni. Didauk hingga merata kemudian dikonsumsi setiap hari sampai sariawan sembuh.

2. Kencing Batu
4 lembar daun alpukat, 3 buah rimpang teki, 5 tangkai daun randu, setengah biji pinang, 1 buah pala, 3 jari gula enau, dicuci kemudian direbus menggunakan 3 gelas air bersih hingga tersisa 2 gelas. Air disaring kemudian diminum sehari 3 x ¾ gelas.

3. Kulit muka kering.
Buah diambil isinya kemudian dilumatkan sampai menjadi seperti bubur. Digunakan sebagai masker wajah dengan cara memoles pada bagian kulit muka yang kering. Muka dibasuh dengan air setelah lapisan alpukat tersebut mengering.

4. Darah Tinggi
3 buah daun alpukat dicucui kering lalu diseduh dengan 1 gelas air panas. Saat sudah kering, air diminum sekaligus.

5. Sakit gigi berlubang
Lubang pada biji diberi bubuk biji alpukat.

6. bengkak Karena Peradangan
Bubuk biji alpukat diambil secukupnya ditambah sedikit air hingga menjadi adonan seperti bubur. Balurkan ke bagian tubuh yang sakit.

7. Kencing Manis
Biji dipanggang di atas api lalu dipotong kecil-kecil menggunakan pisau. Direbus menggunkanan air bersih hingga air berubah menjadi kecoklatan. Air disaring kemudian diminum.

Sumber:
Permana, Heri. 2021. Tanaman Obat Tradisional. CV Titian Ilmu, Bandung.

Sumber gambar:
https://asset.kompas.com/crops/lias0wvweWQIx46rwoNYQHu1Dm0=/1x0:1280x853/750x500/data/photo/2021/08/27/61285ae830e42.jpg

No comments:

Post a Comment