Thursday, February 7, 2019

Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan

Secara biologi, tomat merupakan buah. Namun berdasarkan kandungan nutrisi dan kebanyakan penggunaannya, tomat termasuk dalam katagori sayuran. Tomat mengandung karbohidrat dan gula yang rendah. Buah tomat yang berukuran sedang mengandung 22 kalori dan total 5 gram karbohidrat. 3 gram sebagai gula dan 2 gram sebagai serat. Walaupun rendah kalori dan karbohidrat, tomat kaya akan nutrisi yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Tomat merupakan sumber vitamin 
Satu buah tomat dapat mencukupi 40% dari total kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan. Tomat merupakan sumber vitamin A yang berguna untuk kekebalan, pandangan, dan kesehatan kulit. Vitamin K yang berguna untuk tulang, dan potasium yang baik untuk jantung, kontraksi otot, dan menyeimbangkan tekanan darah. 

Melindungi jantung 
Buah tomat mengandung antioksidan yang bernama likopen. Likopen memiliki manfaat salah satunya bagi kesehatan jantung. Mengonsusmi buah tomat segar atau produk olahan tomat lebih baik dibandingkan mengonsumsi suplemen yang mengandung likopen. Hasil akademis lain menunjukkan bahwa darah yang mengadung lebih tinggi likopen berpotensi untuk memilik umur yang lebih panjang khususnya berlaku untuk mereka yang mengalami sindrom metabolisme.

Menajamkan penglihatan 
Likopen juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Tomat juga mengandung beta karoten dan lutein yang merupakan beberapa nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan mata, khsusnya perlindungan melawan kataran dan degenerasi makular. 

Memperbaiki kesehatan pencernaan 
Cairan dan serat pada buah tomat sangat baik untuk penderita konstipasi. Namun yang perlu diperhatikan, rasa asam dari buah tomat yang dimasak justru dapat berbahaya untuk pencernaan. 

Membantu mengontrol kadar gula dalam darah 
Tomat dapat melindungi penderita diabetes tipe dua. Pada suatu studi, penderita diabetes yang mengonsumsi tomat selama 30 hari mengalami penurunan kadar lemak peroksidasi. 

Meningkatkan kesehatan kulit 
Kombinasi antara pasta tomat dan minyak zaitun melindungi melawan kerusakan akibat paparan sinar matahari serta memacu pembentukan kolagen yang sangat berguna untuk kulit. 

Perlindungan melawan kanker 
Beberapa pengamatan dalam penelitian menunjukkan bahwa tedapat kaitan antara keberadaan likopen dengan perannya melawan kanker prostat, ovarium, hati, dan perut. 

Sumber: 
https://www.freshplaza.com/article/9058494/tomato-health-benefits/

1 comment:

  1. IONQQ**COM
    agen terbesar dan terpercaya di indonesia
    segera daftar dan bergabung bersama kami.
    p1n bb:*58ab14f5

    ReplyDelete